Aneka Manfaat Bawang Dayak yang Selama Ini Tidak Kita Ketahui

Posted on Oktober 24, 2015 By

Manfaat Bawang Dayak

Manfaat Bawang Dayak

Banyak orang belum mengetahui manfaat bawang dayak bagi kesehatan. Padahal, salah satu jenis bawang yang kerap kali memiliki berbagai nama di berbagai daerah ini telah lama dijadikan salah satu jenis obat tradisional mujarab bagi Suku Dayak saking banyaknya manfaat bawang dayak.

Aneka manfaat bawang dayak yang telah banyak diyakini ini bukan hanya sekadar berdasarkan bukti empiris, namun juga telah diuji di salah satu Yayasan Kanker Indonesia serta Fakultas Farmasi ITB. Manfaat bawang dayak ternyata berasal dari kandungan senyawa di dalamnya yang sebagian besar dibutuhkan oleh tubuh manusia, bahkan biasa dijadikan bahan dasar bagi obat-obatan, misalnya seperti kandungan Glikosida, Saponin, Fenolik, Alkaloid, Triterfenoid, Flavonoid, Tanin, dan lain-lain.

 

Nama Lain dan Manfaat Bawang Dayak Bagi Penyakit Berat

Bawang dayak sering kali pula dikenal dengan sebutan berbeda-beda di berbagai daerah. Tergantung kita mengenalnya dengan nama apa, entah itu bawang berlian, bawang sawah, bawang kambe, atau lainnya, yang jelas bawang yang memiliki umbi licin dan berwarna merah cerah ini banyak tumbuh di sekitar Kalimantan Barat dan sudah sejak lama manfaat bawang dayak dikenal oleh masyarakat sekitarnya terutama di suku dayak. Oleh karena itu, tidak heran jika tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman obat di sana.

Manfaat bawang dayak begitu beragam mulai dari berfungsi menjaga daya tahan tubuh karena aktif menangkap radikal bebas hingga berperan sebagai obat alami bagi beberapa penyakit yang terhitung berat. Berikut beberapa manfaat bawang dayak sebagai obat alami bagi penyakit yang terhitung berat.

  1. Manfaat Bawang Dayak Tumpas Kanker

Salah satu senyawa yang terkandung dalam bawang dayak adalah Flavonoid yang juga terkenal sebagai senyawa pembunuh kanker. Flavonoid berfungsi tepat sebagai salah satu yang berperan penting dalam menghambat pertumbuhan sel kanker, oleh karena itu banyak obat-obatan kanker yang memiliki kandungan Flavonoid di dalamnya.

Selain Flavonoid sebagai senyawa utama penghambat sel kanker, manfaat bawang dayak juga bisa dirasakan untuk penderita dua kanker lainnya seperti kanker usus besar dan kanker prostat karena bawang dayak juga mengandung senyawa Saponin yang bermanfaat bagi pengobatan ke dua kanker tersebut.

  1. Diabetes Melitus Tuntas, Salah Satu Manfaat Bawang Dayak

Saponin, selain sebagai senyawa aktif bagi pengobatan kanker usus besar dan kanker prostat juga memiliki manfaat lain seperti menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga bermanfaat bagi penderita obesitas karena mudah memecah lemak dan tentu saja bagi yang memiliki kadar gula tinggi atau para penderita diabetes. Manfaat bawang dayak begitu dikenal sebagai salah satu tumbuhan alami yang kerap kali dikonsumsi penderita diabetes.

  1. Basmi Jantung Koroner dengan Manfaat Bawang Dayak

Manfaat bawang dayak ternyata juga berlaku untuk penderita jantung koroner. Bawang dayak berfungsi menjaga dan menormalkan sistem kerja jantung yang lemah karena berperan sebagai pembawa oksigen dalam darah. Selain itu, salah satu manfaat bawang dayak juga mencegah dan menormalkan kembali ketika terjadi penumpukan lemak pada darah sebagai gelaja dari penyakit jantung koroner.

 

Manfaat Bawang Dayak Bagi Penyakit Lainnya

Selain untuk pengobatan penyakit berat, sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa manfaat bawang dayak ini amatlah beragam. Kini kita akan mengupas manfaat bawang dayak untuk beberapa penyakit lainnya yang banyak dialami oleh masyarakat.

  1. Manfaat Bawang Dayak Atasi Penyakit Pernapasan

Berbagai jenis gangguan pernapasan yang sering dialami ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang dayak secara teratur. Jika di antara kita memiliki riwayat penyakit TBC, misalnya, maka dengan mengonsumsi bawang dayak sebagai salah satu alternatif pengobatasn bisa sangat membantu penyembuhan.

Selain untuk pengobatan TBC, manfaat bawang dayak juga bisa dirasakan sebagai obat alami bagi penyakit pernapasan lainnya seperti sinusitis, asma, bronkhitis, radang tenggorokan, hingga pengobatan penyakit flu sebagai zat pengeluar sisa kotoran dari dalam tubuh.

  1. Fungsi Ekskresi Lancar Oleh Manfaat Bawang Dayak

Sistem pengeluaran atau pencernaan sangat penting bagi tubuh kita. Terbukti, banyak dokter mengatakan berbagai penyakit bermula dari usus dan sistem pencernaan. Beruntungnya salah satu manfaat bawang dayak pun ternyata menyangkut sistem pencernaan. Bawang dayak memiliki kandungan manfaat yang membersihkan sistem pencernaan hingga mengeluarkan racun di dalam tubuh entah itu melalui keringat maupun melalui sistem pencernaan.

Jadi bagi penderita penyakit pencernaan mulai dari sembelit, tidak lancar buang air kecil, maag, hingga radang usus, manfaat bawang dayak pun berlaku di sini.

 

Jangan Sia-siakan Manfaat Bawang Dayak

Setelah kita tahu berbagai manfaat bawang dayak maka tentu saja kita tidak boleh melewatkan bawang dayak sebagai salah satu poin dari daftar yang harus kita konsumsi. Lantas bagaimana cara mengonsumsi bawang dayak agar kita tidak ketinggalan manfaatnya? Berikut beberapa cara mengonsumsi bawang dayak.

  1. Dibuat Jamu atau Kapsul

Baik dibuat jamu atau kapsul intinya adalah satu: membuat bawang dayak menjadi bahan bubuk terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menjemur umbi bawang dayak yang telah dipotong tipis selama kurang lebih 24 jam hingga kering. Namun jangan terlalu kering, jaga kandungan airnya sebanyak kurang lebih 12% baru angkat. Atau, jika ingin melakukannya dengan cara instan, kita tinggal memasukkan bawang dayak yang telah dipotong kecil ke dalam oven dengan suhu 50oC selama kurang lebih delapan jam.

Setelah kering hancurkan bawang hingga benar-benar menjadi serbuk dengan cara memblendernya. Selanjutnya tinggal putuskan cara mengonsumsinya baik dengan menyeduh bubuk bawangnya secara langsung sebagaimana jamu maupun memasukkannya terlebih dahulu ke dalam kapsul untuk kemudian dikonsumsi sebagaimana obat lainnya. Manfaat bawang dayak tidak akan berkurang.

  1. Minuman Alami Kaya Manfaat

Bosan dengan tampilan dan rasa obat seperti jamu dan kapsul? Kita bisa tetap mengonsumsi dan mendapat manfaat bawang dayak dengan cara yang lebih asik yaitu membuat minuman manis dari bahan bawang dayak. Bisakah? Tentu.

Cara membuat minuman manis dari bahan bawang dayak adalah dengan memblender bawang dayak yang telah dipotong terlebih dahulu kemudian tambahkan air sebanyak dua liter untuk setiap satu kilogram bawang dayak yang diblender. Setelah diblender, maka tiriskan ampas bawang dayak (ingat, ampasnya yang diambil) dengan menyaringnya dan menambahkan gula pasir pada ampasnya. Setelahnya, masak ampas bawang dayak dan gula pasir tersebut dengan satu kilogram gula setiap satu liter air hingga butiran-butiran gula pasir membentuk seperti kristal. Setelah mengkristal di antara ampas bawang dayak, angkat kemudian taruh di wadah kedap udara dan jadikan sebagai serbuk minuman manis karena telah mengandung banyak gula pasir. Setiap kali ingin mengonsumsi tinggal ambil serbuk bawang dayak dan campur dengan air hangat kemudian aduk rata. Minuman hangat, enak dan kaya manfaat bawang dayak siap dikonsumsi.

Apabila Anda ingin merasakan manfaat bawang dayak yang langsung dicabut dari hutannya, bukan hasil budidaya yang sering dijual murah, bisa pesan kepada saya. Tentulah secara manfaat dan khasiat, bawang dayak yang benar – benar alami tumbuh di hutan memiliki kandungan senyawa aktif alami lebih baik bagi kesehatan tubuh daripada bawang dayak hasil budidaya, silahkan buktikan sendiri perbedaannya. Apabila Anda ingin memesan bawang dayak asli dari hutan Kalimantan, silahkan klik tombol dibawah ini.

Obat Herbal     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *