Bawang Dayak Kalimantan

Bawang Dayak

bawang dayak

bawang dayak

Dalam mitologi Yunani, dewi Panasea merupakan dewa kesembuhan yang dimana dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga memperpanjang umur. Oleh karena itu, sekarang ini Panasea menjadi sebutan untuk obat yang dapat menyembuhkan aneka macam penyakit. Di pulau Kalimantan sendiri, sosok panasea itu bukan merupakan putri suku etnis dayak, melainkan umbi bawang dayak yang memiliki nama latin Eleutherine americana. Bawang dayak itu sendiri menurut hasil pengobatan kami menggunakan bawang dayak, secara empiris mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti mioma, maag akut dan maag kronis, tekanan darah tinggi, diabetes mellitus, dan berbagai macam penyakit lainnya.

Bawang dayak itu sendiri bukan jenis bawang dari Famili Liliaceae seperti bawang merah dan juga bawang putih yang sering kita gunakan untuk bumbu memasak, melainkan bawang dayak berasal dari family Iridaceae. Bawang dayak sendiri sering dipakai untuk mengawetkan masakan lebih lama karena dalam kandungan bawang dayak dapat mencegah perkembangan bakteri dan asam thiobarbiturat sehinga masakan memiliki daya simpan lebih lama.

Memang untuk sekarang ini, bawang dayak banyak dibudidayakan di seluruh Indonesia dan di negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, bahkan Tiongkok, akan tetapi untuk menjaga kualitas dari khasiat bawang dayak itu sendiri, kami tidak membudidayakannya melainkan kami langsung mencabutnya dari hutan yang tumbuh liar agar khasiat serta manfaatnya lebih paten dirasakan karena semakin lama dan alami tumbuh di hutan, semakin tinggi kandungan senyawa aktifnya daripada mencabut dari hasil budidaya, akan tetapi tergantung Anda sendiri memilih yang mana, apakah hasil bawang dayak yang tumbuh liar di hutan atau bawang dayak hasil budidaya.

Kandungan Senyawa Aktif Yang Terdapat Di Dalam Tumbuhan Herbal Bawang Dayak

  • Menurut hasil penelitian dari alumnus Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB), Alia Mustika Nur, bahwa dari umbi bawang dayak itu mengandung senyawa aktif naphtokuinones dan juga dari turunannya seperti eleutherine, eleutherol, elecanacine, dan eleuthernone. Naphtokuinones itu sendiri dikenal ampuh sebagai antioksidan, antikanker, antivirus, anticendawan, antiparasitik, dan antimikroba.
  • Menurut penelitian guru besar emeritus Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran, Prof. Dr. Sidik Apt. senyawa aktif alami dari bawang dayak adalah alisin yang fungsinya dapat menurunkan kekentalan darah dan juga tekanan darah.
  • Meurut Farmakolog dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung, menuturkan bahwa bawang dayak kaya akan antosianin, yakni senyawa pemberi warna merah alami pada umbi bawang dayak. antosianin itu sendiri memiliki fungsi penting sebagai antioksidan yang berperan dalam menetralkan radikal bebas.
  • Bawang dayak mengandung senyawa aktif alkaloid yang bersifat menurunkan kadar glukosa darah dengan cepat sehingga cocok sekali bagi penderita kencing manis atau diabetes mellitus yang memiliki kadar glukosa darah yang tinggi di tubuh, akan tetapi asalkan dikonsumsi rutin.
  • Dan masih banyak lagi kandungan lainnya seperti flavonoid, tokoferol, tanin, multi-vitamin, multi-mineral, dan senyawa aktif alami lainnya yang memiliki khasiat dan manfaat banyak sekali untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Khasiat Bawang Dayak Bagi Kesehatan Dan Sebagai Obat Multifungsi Mengobati Berbagai Macam Penyakit

  • Untuk anak autis atau seseorang penderita autisme, bawang dayak mampu memperbaiki seseorang dari autis karena bawang dayak mengandung senyawa antialergi. Alergi yang terjadi pada penderita autisme memperberat gejala autisme contohnya seperti hiperaktif dan juga tidak bisa berkonsentrasi. Ketika alergi sudah dapat tertangani, maka otak penderita autisme akan bekerja lebih baik sehingga individu penderita autisme menjadi lebih tenang dan lebih mudah berkonsentrasi. Disarankan mengkonsumsi 3 x sehari dari air rebusannya agar individu autis dapat berpikir seperti orang kebanyakannya.
  • Bawang dayak dapat mengobati penyakit maag akut dan maag kronis, bahkan radang lambung yang sudah terjadi perdarahan.
  • Menurut periset dari Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Irawan Wijaya Kusuma PhD, mengungkapkan bahwa bawang dayak dapat mengobati sembelit, rebuslah kira kira 40 – 50 gram bawang dayak kering dalam 3 gelas hingga mendidih, dan minum air rebusannya 3 kali sehari.
  • Menurut Dr Ir Yohanes Purwanto, Peneliti di Pusat Penelitian Biologi, LIPI, menuturkan bahwa khasiat bawang dayak sangat bagus untuk obat penurun panas, cukup dengan rebus bawang dayak, air rebusannya diminum dan sisa air sedikit dan juga bawang dayaknya ditempelkan ke kening atau di bagian tubuh yang mana terasa panas seperti leher, lipatan ketiak, dan bagian tubuh lainnya yang terasa panas.
  • Khasiat bawang dayak yang lain adalah mengobati diare darah yang parah dengan meminum air rebusannya.
  • Bawang dayak juga memiliki khasiat mengobati semua macam kanker dan tumor seperti kanker serviks atau kanker rahim, kanker payudara, kanker paru – paru, kanker lambung, kanker usus besar, kanker kulit, kanker otak, tumor otak, kanker prostat, kanker darah (anemia), kista, mioma dan semua macam kanker.
  • Bawang dayak apalagi dicampur dengan obat herbal sarang semut, sangat bagus untuk mengobati penyakit HIV/AIDS. Karena di sekitar wilayah perbatasan Kalimantan Utara dan negara Malaysia, ada seseorang penderita HIV/AIDS, setelah mengkonsumsi obat herbal bawang dayak dan sarang semut selama 3 bulan, menurut dokter yang memeriksa, virus HIV/AIDS nya dinyatakan tidak ada, hingga saat ini dokter yang memeriksa pun menyarankan obat herbal bawang dayak dan obat herbal sarang semut apabila ada pasien yang menderita penyakit yang belum ada obat medisnya seperti flu burung dan flu babi.
  • Bawang dayak juga mengobati gangguan fungsi hati seperti liver, hepatitis, penyakit kuning, sirosis hepatis, hepatomegali, dan bahkan kanker hati atau kanker hepar.
  • Mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi.
  • Mengkonsumsi rutin obat herbal bawang dayak dapat menurunkan kadar gula dalam darah agar tidak mudah terserang penyakit diabetes mellitus atau kencing manis.
  • Menyembuhkan penyakit jantung koroner, gagal jantung, kardiomegali, dan gangguan fungsi jantung lainnya.
  • Mampu memecah kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh.
  • Mampu mengobati penyakit wasir atau ambeien.
  • Khasiat bawang dayak lainnya adalah untuk meningkatkan stamina tubuh alami agar tubuh selalu sehat dan kuat dalam beraktivitas dan juga bawang dayak sebagai nutrisi imunitas tubuh atau kekebalan tubuh sehingga tidak gampang terserang penyakit.
  • Mampu mengobati sakit di bagian kepala seperti vertigo, migrain, pusing, hanyut, kepala terasa ditusuk tusuk.
  • Mampu menurunkan zat purin di dalam tubuh sehingga sangat cocok sekali mengobati asam urat dan rematik yang parah.
  • Dan masih banyak lagi khasiat dari bawang dayak itu sendiri sebagai obat herbal mengobati berbagai macam penyakit dan multifungsi.

Cara Minum

  1. Ambil bawang dayak kering secukupnya, kira – kira 1/4 dari bungkusnya bawang dayak.
  2. Ambil 2 gelas berukuran sedang atau kecil.
  3. Sediakan panci atau tempat merebus air, masukkan air yang sekitar 2 gelas berukuran sedang lalu direbus.
  4. Setelah itu masukkan secukupnya bawang dayak kering tadi ke dalam panci yang berisi air yang direbus. Tunggu hingga air yang direbus tersisa  1 gelas saja.
  5. Minumlah 3 x sehari, sebelum makan agar zat – zat berguna di bawang dayak lebih dahulu diserap oleh tubuh, lakukanlah pada pagi, siang, dan malam hari. Apabila pasien menggunakan obat dokter, beri jeda waktu 2 jam untuk mengkonsumsi bawang dayak kering. Konsumsi obat dokter dulu, baru konsusmi obat herbal bawang dayak kering.
  6. Apabila airnya tidak berwarna dan tidak berasa lagi, berarti khasiat dari bawang dayak itu sudah habis dan gunakan lagi bawang dayak yang baru.

Untuk produk yang saya jual memang agak mahal karena dapatnya langsung dipetik dari hutan yang tumbuh liar. Mengapa produk yang saya jual tidak dibudidayakan? itu karena di hutan sendiri sudah jelas tumbuhannya memiliki usia yang sudah lama, apabila bawang dayak berusia lama, otomatis senyawa aktif alaminya juga semakin kuat dan bagus untuk obat herbal paling mujarab dan paten.


 

Harga Bawang Dayak

harga bawang dayak

harga bawang dayak

Harga per 3 bungkus Rp 150.000/3 bungkus

Tidak, sekarang ini walaupun bawang dayak sudah mulai langka akibat pembalakan hutan di Kalimantan, tapi kami akan memberikan diskon dari harga semula yaitu Rp 90.000 per tiga bungkus dengan berat sekitar 100 gram.

Jadi harga jual Bawang Dayak Kalimantan adalah :

1. Harga Bawang Dayak Kalimantan Rp 90.000/3 bungkus


Untuk melakukan pemesanan atau pembelian, silahkan saja kunjungi website kami www.jualsarangsemut.com atau klik tombol di bawah ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>