Berbagai khasiat bawang dayak bagi tubuh

Posted on November 10, 2015 By

khasiat bawang dayak

khasiat bawang dayak

Apakah bawang dayak terasa asing ditelinga? Ya, mendengar kata bawang memang tidak asing lagi terlebih bawang merupakan salah satu bumbu utama dalam berbagai masakan baik lokal maupun internasional. Namun dengan dayak, jenis bawang apakah itu? Ini merupakan tanaman obat yang sering dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai keluhan penyakit. Jika digali, Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai tanaman obat yang berkhasiat dan bermanfaat bagi kesehatan manusia. Jenis bawang ini memiliki berbagai sebutan yaitu bawang tiwai, bawang mekah, bawang sabrang, bawang berlian, dan bawang hutan. Apapun sebutannya, tanaman ini merupakan jenis bawang-bawangan namun lebih pada tanaman obat.

 

Bawang dayak memiliki banyak khasiat dan manfaat. Sehingga tidak jarang banyak yang mencari tanaman ini sebagai obat. Namun, tanaman ini tidak mudah didapat karena hanya tumbuh di daerah-daerah tertentu. Tanaman ini bisa ditemukan di Kalimantan. Sehingga banyak dari masyarakatnya yang memanfaatkan tanaman ini sebagai obat untuk berbagai penyakit. Bawang ini jika dilihat dari bentuknya memang mirip dengan bawang merah. Namun, warna umbinya lebih merah dan cerah dibanding bawang merah biasa. Biasanya, tanaman ini bisa tumbuh sampai dengan 26 cm sampai 50 cm. Tanaman ini juga cukup mudah untuk ditanam sendiri sehingga sangat cocok jika digunakan oleh masyarakat untuk mengobati penyakit dengan cara yang lebih alami.

 

Berbagai khasiat bawang dayak bagi tubuh

Bawang dayak diketahui memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja? Inilah dia diantaranya:

– Memperlancar sistem metabolisme tubuh

Metabolisme berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan sistem metabolisme yang baik, maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Pencernaan termasuk dalam sistem metabolism dan bawang dayak  memberikan manfaat yang baik untuk sistem metabolisme dan pencernaan tubuh kita. Gangguan pankreas, sembelit, penumpukan lemak, radang usus, hepatitis, urine yang tidak lancar, semuanya bisa disembuhkan dengan tanaman herbal yang satu ini.

– Memperlancar sistem peredaran darah

Peredaran darah memang harus selalu terjaga sistemnya karena salah-salah berbagai penyakit akan datang seperti: kanker darah atau leukimia, diabetes, migrain, penyakit jantung dan lain-lain. Oleh karena itu, sangat baik untuk mengonsumsi bawang dayak ini untuk menjaga agar sistem peredaran darah tetap lancar dan tubuhpun tetap sehat.

– Menyehatkan organ reproduksi wanita

Organ reproduksi wanita memang sangat penting karena darisanalah jabang bayi berasal. Bawang dayak ini sangat bermanfaat bagi organ reproduksi kewanitaan yang seringkali mengalami masalah seperti: haid yang tidak teratur, seringkali merasa sakit saat haid, masalah keputihan, lemahnya sistem kekebalan tubuh, kanker payudara, dan sebagainya. Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka organ reproduksi akan lebih sehat.

– Meningkatkan kualitas sistem pernafasan

Hidup diperkotaan memang memiliki masalah tersendiri salah satunya masalah pernafasan yang disebabkan polusi. Sehingga mengonsumsi bawang ini bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan kualitas sistem pernafasan. Karena bawang ini telah diketahui dapat mengurangi produksi lendir, mengurangi plak pada paru, mengobati sinus, mengobati TBC, mengobati dan mencegah gondok, mengobati flu serta batuk, dan mengobati radang paru-paru.

Silahkan Baca Juga

Kandungan penting dalam bawang dayak

Bawang dayak diketahui bisa dijadikan sebagai obat dan dikategorikan sebagai tanaman herbal. Namun tidak banyak orang yang tahu mengapa tanaman ini begitu memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Untuk itu, mari kita cari tahu kandungan apa saja yang ada pada tanaman berkhasiat yg satu ini:

 

– Flavonoid

Flavonoid merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh karena merupakan senyawa kimia alami yang dapat berperan sebagai anti-kanker. Disamping itu ia juga berperan aktif sebagai anti-virus sehingga sistem kekebalan tubuh bisa lebih meningkat. Peranan lain dari flavonoid adalah sebagai anti-diabetes juga anti-depresi. Oleh karena itu, bawang dayak sangat layak untuk dijadikan obat terutama karena kandungan flavonoidnya yang sangat tinggi.

– Alkaloid

Alkaloid merupakan senyawa kimia yang memiliki sifat basa. Sifat basanya ini berperan sebagai anti-mikroba. Meskipun senyawa ini bisa juga ditemukan pada hewan tertentu namun ia juga terkandung dalam bawang dayak yang menjadikannya sebagai anti-mikroba.

– Glikosida

Glikosida merupakan senyawa yang terdiri dari senyawa gula atau glikon, genin, dan aglikon. Senyawa-senyawa tersbut sangat baik untuk membantu penyembuhan penyakit kolesterol tinggi, kanker, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Senyawa yang terkandung pada tanaman obat ini cukup tinggi dan pastinya sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah maupun mengobati berbagai macam penyakit.

– Tanin

Tanin adalah senyawa aktif yang terdapat pada bawang ini. Tanin, sama halnya seperti flavonoid bisa berperan sebagai antioksidan. Disamping itu, ia juga dapat berperan sebagai anti-diare. Dengan peran tersebut, ia bisa membantu mengontrol masuk dan keluarnya cairan dalam usus sehingga diare bisa cepat diobati.

– Saponin

Saponin adalah senyawa kimia yang sebenarnya masuk dalam kategori glikosa namun memiliki komposisi yang lebih kompleks. Bawang dayak mengandung saponin yang pada dasarnya ada dua jenis yaitu saponin steroid dan juga saponin triterpenoid.

 

Itulah berbagai khasiat serta kandungan pada bawang dayak yang merupakan tanaman obat herbal yang memberikan banyak manfaat dan kebaikan bagi kesehatan tubuh kita. Namun jangan lupa untuk mengikuti aturan makannya. Mari kita simak sejenak cara mengonsumsi bawang sabrang yang tepat.

 

Bawang dayak bisa diolah dengan berbagai cara. Yang paling mudah adalah dengan memakan langsung umbi bawang tersebut. Namun sebelum dikonsumsi, pastikan terlebih dahulu untuk mencucinya sampai benar-benar bersih.

Cara selanjutnya adalah membeli kemasan yang tinggal seduh. Tanaman obat ini sudah cukup banyak dijual dipasaran dalam bentuk kemasan praktis. Kita tidak perlu lagi repot-repot mengolahnya sendiri jika memang tidak punya banyak waktu.

Kemudian, bawang dayak ini juga bisa dipanggang ataupun direbus. Namun pengolahan dengan cara direbus lebih dianjurkan agar kandungan didalamnya tetap utuh dan terjaga. Setelah direbus, yang kita konsumsi adalah air rebusan tanaman tersebut. Pastikan untuk selalu mencuci bawang ini sebelum dilakukan pengolahan apapun.

Selanjutnya, bawang dayak bisa diolah dengan cara dibuat manisan. Bagi anda yang menyukai manisan, maka tidak ada salahnya untuk mulai mencoba mengolah manisan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak sekedar manis, manisan yang satu ini dapat membantu menjaga tubuh dari berbagai pernyakit. Namun, perlu diingat bahwa rasio antara gula dan bawang adalah 1:1. Jika memungkinkan untuk mengurangi takaran gula maka akan lebih baik.

 

Begitu banyak bukan manfaat yang bisa kita ambil dari tanaman herbal ini. Meskipun ia kebanyakan tumbuh di Kalimantan, namun tanaman ini cukup mudah untuk ditanam sendiri karena bisa cocok dengan berbagai iklim dan jenis tanah. Maka tidak ada salahnya jika kita membudidayakan bawang dayak sebagai alternatif obat alami.

Apabila Anda ingin mendapatkan khasiat bawang dayak yang bagus dan berkualitas tinggi karena langsung dicabut dari hutannya di daerah pedalaman hutan Kalimantan, langsung saja pesan kepada kami. Apabila Anda kesulitan menemukan website kami di search engine seperti google, bing, yahoo, atau search engine lainnya, silahkan ketikkan saja dengan kata kunci sebagai berikut; khasiat bawang dayak, khasiat bawang dayak kalimantan, khasiat bawang dayak untuk diabetes, khasiat bawang dayak untuk kista, khasiat bawang dayak untuk kanker, khasiat bawang dayak untuk kecantikan, khasiat bawang dayak bagi kesehatan, khasiat bawang dayak untuk stroke, khasiat bawang dayak untuk wanita, khasiat bawang dayak untuk kesuburan, khasiat bawang dayak untuk pria, khasiat bawang dayak untuk anak autis, khasiat bawang dayak pdf, khasiat bawang dayak untuk ginjal, khasiat bawang dayak berlian, dan khasiat bawang dayak untuk maag.

Untuk melakukan pemesanan, silahkan klik tombol dibawah ini dan segera lakukan pembelian secepatnya.

Obat Herbal     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>