Berbagai Macam Obat Hipertensi

Posted on Oktober 1, 2015 By

Obat Hipertensi

obat hipertensi

obat hipertensi

Sebelum kita membahas mengenai obat hipertensi, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai seluk beluk penyakit hipertensi. Hipertensi atau banyak orang Indonesia yang menyebutnya “darah tinggi” adalah sebuah keadaan dimana tekanan darah naik di atas normal. Dalam keadaan normal, rata-rata tekanan darah seseorang adalah 120/80 mmHG. Tekanan tersebut akan turun ketika sedang istirahat atau tidur. Namun akan segera naik ketika sedang beraktivitas, berolah raga ataupun melakukan aktivias berat lainnya.

Obat hipertensi diperlukan saat sudah terjadi gejala bahwa seseorang terkena hipertensi. Namun sebelum kita membahas gejala-gejala apa yang dirasakan seseorang ketika sedang mengalami hipertensi, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai penyebab hipertensi. Salah satu penyebab hipertensi adalah faktor genetika. Jika salah satu atau lebih keturunan kita mempunyai riwayat hipertensi, maka resiko kita akan terkena hipertensi lebih besar.

Selain faktor keturunan, penyebab yang lain adalah kebiasaan atau gaya hidup yang kurang sehat. Misalnya, lebih suka mengkonsumsi makanan cepat saji dan tinggi lemak daripada makanan sehat yang mengandung banyak serat. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol dan mengandung kafein. Merokok serta kurang istirahat.

Kemudian, bagaimana cara mengetahui gejala hipertensi? Ketika masih pada tahapan gejala, akan sulit sekali mendeteksi bahwa seseorang mengalami hipertensi. Karena,darisekian kasus, kebanyakan hipertensi baru terdeteksi ketika telah menyerang pada mata, jantung, atau ginjal. Akan terjadi gangguan penglihatan pada mata. Sedangkan pada jantung, akan mengalami stroke atau penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung. Dan pada ginjal, baru akan terlihat saat seseorang mengalami gejala gagal ginjal. Ini terkait dengan terlalu cepatnya proses pemompaan darah, membuat jantung kuwalahan dalam menjalankan tugasnya untuk memisahkan kotoran dan zat yang masih berguna bagi tubuh yang ada pada darah.

Oleh karena itu, jalan satu-satunya untuk mengetahui gejala hipertensi adalah dengan pemeriksaan tekanan darah. Tekanan pada darah ini bisa diukur dengan alat pengukur tekanan darah yang berupa sphygmomanometer atau cuff air raksa. Tapi, pada jaman yang serba digital seperti sekarang, bisa menggunakan alat pengukur tekanan darah digital.

Dalam dunia kedokteran, hipertensi dibedakan menjadi 2 macam. Hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer adalah sebuah penyakit hipertensi yang terjadi pada 95% kasus hipertensi atau sebagian besar kasus. Penyebab hipertensi primer ini belum jelas diketahui. Sedangkan hipertensi sekunder adalah hipertensi yang terjadi pada sebagian kecil hipertensi atau sekitar 5%. Sedangkan penyebabnya dikarenakan oleh jantung, ginjal, arteri, obat-obatan dan lain sebagainya.

Macam-Macam Obat Hipertensi

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Sebenarnya, setiap orang beresiko mempunyai penyakit hipertensi.Terutama bagi orang yang tinggal diperkotaan. Banyak faktor yang meyebabkan tingginya terkena resiko hipertensi ketika tinggal diperkotaan disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Polusi di mana-mana. Lebih banyak mengkonsumsi makanan cepat saji daripada makanan yang sehat dan kaya akan serat.

Namun, sekalipun kita tinggal di perkotaan, bukan berarti kita tidak bisa mencegah. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah hipertensi. Bisa mencegah dengan pola hidup yang sehat, rajin mengadakan medical check up ke dokter atau dengan cara tradisional.

Nah, bagaimana jika kita telah terlanjur menderita hipertensi? Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengobati hipertensi. Ada banyak obat hipertensi yang bisa kita pilih. Mulai dari obat-obatan kimia yang sering diberi resep oleh dokter, bisa juga dengan bahan obat hipertensi alami dari tumbuhan di sekitar kita.

 

Obat Hipertensi Alami :

Indonesia adalah negara tropis dimana kita akan dengan mudah menemukan macam-macam tanaman obat yang bisa membantu menyembuhkan sakit yang kita derita. Salah satunya yaitu obat hipertensi. Ada banyak sekali macam obat hipertensi yang ada di sekitar kita. Di bawah ini, ada beberapa resep obat hipertensi alami yang bisa kita dapatkan dan racik sendiri dengan cara yang mudah.

 

  1. Bawang bombai

Siapa yang tidak mengenal bawang bombai? Bawang ini biasa digunakan oleh kaum ibu untuk memasak dan membuat capcay. Namun siapa sangka? Bawang yang biasanya digunakan untuk memperlezat makanan ini sangat ampuh digunakan untuk obat hipertensi.

Caranya sangat mudah. Ambil satu buah bawang bombai, kupas kulitnya dan cuci bersih. Makanlah mentah bersama dengan nasi. Lakukan hal ini dua hari sekali hingga takanan darah tinggi berangsur-angsur menurun.

 

  1. Bawang Putih

Obat hipertensi lainnya adalah bawang putih. Fungsi bawang putih adalah untuk obat hipertensi, menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol yang tinggi serta menghancurkan gumpalan darah yang mengental. Caranya, Ambil kira-kira 3 siung bawang putih yang besar dan segar. Kupas kulitnya lalu cuci bersih dengan air. Parut dan tambahkan sedikit air. Kemudian peraslah hingga mengeluarkan air sari bawang putih. Lalu minum airnya. Lakukan rutin sehari 3 kali.

 

  1. Mengkudu

Dari jaman dahulu, mengkudu banyak dipercaya orang untuk obat hipertensi. Caranya, ambil satu buah mengkudu yang besar dan matang. Lalu kupas kulitnya dan cucilah hingga bersih. Haluskan dengan cara diblender atau diparut. Setelah itu, saring airnya dan beri sedikit madu. Minum obat hipertensi dari campuran air mengkudu dan madu ini setiap pagi sebelum sarapan.

 

  1. Temu Hitam

Temu hitam tidak hanya bisa dijadikan obat hipertensi.Namun juga bisa dijadikan penetral racun. Cara meraciknya sangatlah mudah. Campurkan 30 gram daun dewa, 25 gram temu hitam, 2 kuntum bunga soka dan 2 kuntum bunga mawar. Lalu rebus dengan 600 mlair hingga menyisakan 200 ml. Minum obat hipertensi 2 kali sehari. Pagi dan malam.

 

  1. Ketimun

Ketimun sangat efektif sekali untuk dijadikan obat hipertensi. Caranya mudah. Gunakan ketimun sebagai lalapan atau dibuat jus.

 

  1. Blewah

Kandungan potssium sama dengan ketimun sehingga bisa digunakan untuk obat hipertensi. Caranya, makanlah blewah seperti kita makan buah biasa untuk obat hipertensi. Atau bisa untuk campuran es buah.

 

  1. Daun Salam

Daun salam tidak hanya enak digunakan untuk bumbu dapur. Tapi manjur juga sebagai salah satu obat hipertensi. Caranya, ambil 10 lembar daun salam. Rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air hingga menyisakan satu gelas air. Saringlah dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin, minumlah obat hipertensi ini di malam hari.

 

  1. Rumput Laut

Kita sering menjumpai rumput laut pada sebuah masakan atau campuran minuman. Tapi siapa sangka? Rumput laut adalah salah satu bahan yang ampuh untuk obat hipertensi. Tidak harus dengan meracik sebuah resep. Cukup sering-seringlah mengkonsumsi rumput laut dalam berbagai macam menu. Maka lambat laun, tekanan darah kita akan menurun dengan sendirinya.

Demikian beberapa tips mengenai obat hipertensi secara alami. Selain yang disebut di atas, masih banyak obat hipertensi alami yang bisa kita temukan di sekitar kita.

Namun, adalagi obat hipertensi yang sangat paten dan mujarab menurunkan tekanan darah dengan cepat, tanpa perlu menunggu lama, sekitar beberapa menit saja setelah meminum obat hipertensi nya, tekanan darah langsung turun dan menuju ke tekanan darah yang stabil. Obat hipertensi itu adalah tumbuhan sarang semut dan bawang dayak, silahkan cari saja di menu “produk yang dijual” di website saya ini untuk mengetahui informasi tentang seputar sarang semut dan bawang dayak.

Apabila Anda ingin memesan obat hipertensi yang paten dan aman bagi tubuh serta menjaga kesehatan Anda selalu sepanjang waktu, silahkan klik tombol dibawah ini untuk melakukan pemesanan obat hipertensi nya.

Obat Hipertensi     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *