Cara Minum Sarang Semut

Cara Minum Sarang Semut

cara minum sarang semut

cara minum sarang semut

Ada sebagian orang yang menanyakan mengenai bagaimana cara minum sarang semut yang praktis? Sebagaimana kita tahu, bahwa sarang semut adalah salah satu obat tradisional yang dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk menyembu

hkan berbagaimacam penyakit. Sejak jaman dahulu, sarang semut telah digunakan oleh Suku Dayak di Kalimantan dan suku pedalaman di Papua untuk mengobati berbagai macam penyakit secara alami. Mereka terlebih dahulu menggunakan sarang semut sebagai pengobatan sebelum mengunjungi dokter.

Bahkan, cara minum sarang semut ini pun banyak diadopsi dari kebiasaan mereka. Sarang semut adalah sejenis tumbuhan epifit yang tumbuh pada batang sebuah pohon. Meskipun dia tumbuh pada sebuah pohon sebagai inangnya, dia bukan parasit seperti benalu yang mengambil makanan dari inangnya. Pohon tersebut hanya digunakan untuk tempat tumbuh sarang semut saja. Ada simbiosis yang unik antara pohon sebagai inangnya dengan tumbuhan sarang semut. Dan juga antara tanaman sarang semut dengan koloni semut yang menghuninya.

Di dalam tanaman sarang semut terdapat rongga yang menyerupai labirin. Di sinilah semut-semut tinggal dan membentuk koloni. Suhu yang stabil pada tanaman sarang semut membuat semut betah berlama-lama tinggal di dalamnya. Selain itu, tanaman sarang semut mengeluarkan zat gula yang disukai sarang semut. Begitupun sebaliknya. Semut-semut yang tinggal dan berkoloni di dalamnya mengeluarkan kotoran. Kotoran tersebut yang menjadi nutrisi bagi tanaman sarang semut.

Sarang semut adalah tanaman berbentuk umbi dimana diseluruh tubuh luarnya ditumbuhi duri. Tanaman sarang semut banyak ditemukan di hutan dimana dia tumbuh pada sebuah pohon yang mempunyai ketinggian kurang lebih 10 meter. Mempunyai intensitas cahaya yang rendah, suhu yang rendah namun dengan kelembaban yang tinggi. Ketika masih muda, mempunyai panjang sekitar 5 cm dengan diameter sepanjang 3-5 cm. Sedangkan ketika telah tua dan matang, mempunyai panjang sekitar 50 cm dengan diameter sepanjang 15-30 cm.

Sarang semut berasal dari kepulauan Solomon di Pasifik dan Kepulauan Besar di Queesland Australia. Namun penyebarannya justru banyak tersebar di daerah Asia Tenggara. Seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Malaysia serta Indonesia. Di Indonesia sendiri, banyak tumbuh di Sumatra, Jawa, Flores, Maluku, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. Sarang semut dengan kualitas bagus dari Indonesia ada di hutan Meratus Kalimantan dan Pegunungan Jayawijaya di Papua.

Dari berbagai penelitian, sarang semut bagus digunakan untuk obat berbagai macam penyakit. Untuk penyakit tumor ganas, kangker, diabetes militus, meningkatkan gairah seksual, meningkatkan stamina yang loyo, sakit lambung, magh, TBS, mimisan, bersin-bersin, alergi hidung, memperlancar ASI, sakit kepala, migrain, dan berbagai keluhan sakit lainnya.

Berbagai Produk Dan Sarang Semut

Karena begitu banyaknya manfaat pengobatan yang didapat dari sarang semut, banyak yang memanfaatkan peluang ini sebagai bisnis. Mereka memproduksi dan menjual sarang semut dalam berbagai produk. Ada yang dikemas dalam bentuk kapsul. Ada yang dibuat dalam bentuk teh. Baik teh tubruk ataupun teh celup. Dan ada pula yang dibuat alami dalam bentuk irisan. Apapun bentuk produk mereka, sama sekali tidak mengurangi hasiat yang ada pada sarang semut.

 

Cara Minum Sarang Semut Dalam Bentuk Irisan :

Mungkin bukan hal yang sulit jika sarang semut dijual dalam bentuk kapsul atau teh. Dalam bentuk kapsul, hanya tinggal diminum. Dalam bentuk teh, baik teh celup ataupun teh tubruk hanya tinggal diseduh dengan air panas. Tapi bagaimana jika kita membeli dalam bentuk irisan atau bahkan bongkahan?

Banyak yang mengatakan bahwa sarang semut yang dijual dalam bentuk bongkahan adalah sarang semut yang asli. Inilah yang disering dilakukan suku Dayak di Kalimantan ataupun suku pedalaman di Papua. Menggunakan sarang semut bongkahan atau irisan yang masih alami untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Caranya cukup mudah. Ambil 1 kg sarang semut dan pisahkan menjadi 10 bagian. Masing-masing bagian sekitar 100 gram. Gunakan setiap 100 gram. Cuci bersih dengan air yang langsung mengalir dari kran. Lalu rebus dengan menggunakan 1 liter air. Jangan merebus sarang semut dengan menggunakan panci yang terbuat dari aluminium. Gunakanlah panci gerabah atau panco yang terbuat dari kaca. Jaga kondisi api ketika merebus agar tidak terlalu besar. Cukup api yang sedang atau bahkan kecil. Rebus terus hingga menyisakan air setengah liter. Lalu angkat dan saringlah untuk memisahkan antara air sari sarang semut dengan sarang semutnya. Minumlah 2 kali. Setiap minum sebanyak 250 ml.

 

Cara Minum Sarang Semut Teh :

Jika ingin meminumnya dalam bentuk teh, seduhlah teh seperti biasa. Lalu sajikanlah tanpa menambahkan gula atau pemanis apapun. Untuk pengobatan, minumlah 3 gelas sehari. Sedangkan untuk pencegahan dan kebugaran, minumlah sebanyak satu gelas sehari.

Sedikit catatan saja. Sebaiknya, hindari membeli teh celup sarang semut. Karena dihawatirkan kantong tehnya diberi tambahan pemutih berupa klorin untuk menjaga agar warna kantongnya tetap putih bersih. Lebih baik membeli produk teh sarang semut dalam bentuk teh tubruk. Inipun masih perlu diberi catatan agar kita tidak tertipu. Sebaiknya belilah produk teh sarang semut dari orang yang kita percaya atau minimal telah kita kenal baik. Karena, ada beberapa oknum dimana mereka demi hanya ingin meraup keuntungan rela menipu konsumennya dengan menjual teh tubruk sarang semut yang palsu.

Bagaimana cara membedakan teh tubruk sari semut yang asli dengan yang palsu? Mudah saja. Seduh teh tubruk dengan air mendidih. Jika warnanya berubah mejadi kemerahan dan terasa pahit, berarti itu adalah teh tubruk yang palsu. Karena, teh tubruk sarang semut yang asli berwarna bening agak keruh dan rasanya tawar hampir seperti rasa atau bau tanah.

 

Cara Minum Sarang Semut Kapsul :

Bagi yang suka cara praktis, biasanya mereka mengkonsumsi sarang semut dalam bentuk kapsul. Jika digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang tergolong berat, minumlah 3 kali sehari dengan sekali minum sebanyak 2 kapsul. Untuk mengobati sakit ringan, minumlah dua kali sehari sekali minum 2 kapsul. Dan jika ingin meminumnya untuk pencegahan dan meningkatkan stamina, minumlah sehari 1 kali dengan sekali minum 1 kapsul.

Jika ditanya, dari berbagai produk sarang semut, lebih baik membeli yang mana untuk menghindari penipuan? Jawabannya adalah belilah yang dijual dalam bentuk irisan atau bongkahan. Atau lebih baik jika kita membelinya langsung dari hutan Meratus di Kalimantan ataupun pegunungan Jayawijaya di Papua.

Kedua tempat tersebut adalah penghasil sarang semut terbaik di Indonesia. Banyak para pakar kesehatan dan tekhnologi pangan dari LIPI dan IPB yang melakukan penelitian sarang semut di sana. Hasilnya memang tidak diragukan lagi. Demikian informasi mengenai cara minum sarang semut dari berbagai produk baik kapsul, teh, ataupun irisan dan bongkahan.

Apabila Anda ingin mencari website saya yaitu www.jualsarangsemut.com, silahkan Anda ketikkan saja di google atau di mesin pencari lainnya seperti bing dan yahoo dengan kata kunci “cara minum sarang semut kalimantan, cara minum sarang semut papua, cara minum sarang semut yang baik, cara minum sarang semut yang benar, cara minum sarang semut yang salah.”

Apabila Anda ingin segera memesan sarang semut asli Kalimantan, segera hubungi ke nomor handphone yang tertera di website ini bagian atas. Apabila Anda ingin membeli atau melakukan pemesanan, silahkan dengan mudahnya Anda klik tombol dibawah ini. Mengobati penyakit itu mahal, cobalah obati dengan sarang semut asli Kalimantan.


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>