Faktor Pemicu Penyakit Asam Urat

Posted on November 10, 2015 By

asam urat

asam urat

Asam urat adalah salah satu jenis gangguan kesehatan yang tidak asing kita dengar. Biasanya orang yang mengidap penyakit ini adalah mereka yang sudah lanjut usia. Sebagian besar orang mengetahui bahwa penyakit asam urat diidap oleh mereka yang sudah tua, padahal seseorang yang masih berusia muda juga dapat mengidap penyakit asam uratJenis penyakit ini lebih sering menyerang bagian persendian. Untuk itu, tidak heran jika bagian persendian kalangan lanjut usia yang terserang.

Secara alami tubuh manusia memproduksi asam urat. Jadi apa yang dimaksud dengan asam urat? Asam urat merupakan sebuah hasil dari sisa metabolisme zat purin yang dihasilkan dari sisa-sisa makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Asam urat merupakan hasil produksi tubuh sebagai bahan kimia lain yang disebut dengan “purin” atau hasil produksi sintesis dari bahan kimia yang lebih kecil.

Purin adalah suatu zat yang ada dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup (manusia dan hewan). Tentunya, manusia merupakan makhluk hidup yang mengkonsumsi hewan sebagai sumber makanannya. Hewan yang merupakan golongan makhluk hidup tersebut juga memiliki “purin” di dalam tubuhnya. Maka “purin” pada hewan tersebut berpindah pada kita, setelah kita mengkonsumsinya. Ternyata “purin” tidak hanya ditemukan pada manusia dan hewan saja, pada tumubuhan seperti (sayuran dan buah-buahan) juga terdapat “purin”. Zat “purin” juga dihasilkan dari proses perusakan sel-sel tubuh yang normal.

Secara umum asam urat diedarkan melalui darah, kemudian disaring oleh ginjal, dan diekskresikan dalam urine. Normalnya asam urat itu sendiri dikeluarkan dari dalam tubuh melalui fases (kotoran) dan urine. Namun, karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat , maka dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Dari peningkatan kadar asam urat yang tinggi tersebut, membuat penumpukkan pada area persendian. Sehingga nantinya akan menyebabkan rasa nyeri bahkan dapat bengkak.

Asam urat sendiri juga merupakan salah satu hasil produksi dari proses pemecahan sel dalam darah. Jenis penyakit asam urat adalah suatu penyakit yang sering menyerang pada bagian persendian. Biasanya menyerang bagian, sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan pergelangan tangan. Penderita asam urat akan merasakan nyeri hebat yang sangat sakit, dan membuat bagian yang diserang terlihat bengkak dan meradang. Namun, yang perlu diperhatikan bahwa tidak semua rasa nyeri pada sendi dapat disimpulkan orang tersebut terserang penyakit asam urat.

 

Faktor Penyebab Asam Urat

Ada banyak faktor penyebab terjangkit penyakit asam urat. Salah satunya adalah dari makanan yang dikonsumsi. Makanan merupakan faktor utama penyebab asam urat. Makanan yang dikonsumsi akan diolah oleh tubuh melalui proses metabolisme dan akan menghasilkan asam urat ini. Berarti dengan ini masing-masing tubuh memiliki kadar asam urat. Namun jika kadar asam urat yang dihasilkan oleh tubuh mengalami kelebihan, karena mengkonsumsi zat “purin” yang terlalu banyak, maka akan menyebabkan ginjal akan sukar mengeluarkannya. Dan nantinya, akan membuat kristal asam urat menjadi menumpuk. Khusunya akan menumpuk di bagian persendian tubuh. Inilah sebabnya mengapa persendian pada tubuh anda terasa nyeri dan kemungkinan dapat menjadi bengkak.

Untuk itu anda harus menghindari beberapa makanan-makanan yang perlu dihindari, karena banyak mengandung kandungan zat purin yang terlalu banyak. Tidak semua makanan yang sehat dapat membuat kesehatan tubuh baik. Bagi penderita dan bakal penderita asam urat, beberapa makanan yang mengandung banyak zat purin. Diantaranya makanan tersebut adalah:

  1. Lauk pauk hewani bagian dalam dari organ hewan seperti hati, limpa, babat, jeroan, ginjal, usus, paru, dan otak.
  2. Sea food seperti udang, kerang, cumi, dan kepiting.
  3. Jenis makanan kaleng yang diawetkan seperti, kornet dan sarden.
  4. Daging (segala jenis daging hewan), kaldu atau kuah daging yang kental.
  5. Jenis makanan kacang-kacangan. Terutama kacang kedelai yang diolah menjadi tempe, tauco, oncom, dan susu kedelai. Kacang tanag, kacang hijau, tauge, melinjo, dan emping.
  6. Beberapa jenis sayuran juga mengandung purin yang banyak, seperti sayur bayam, sayur kangkung, sayur singkong, daun asparagus, kembang kol, dan sayur buncis.
  7. Ternyata buah-buahan yang kaya akan vitamin juga ada beberapa yang perlu dihindari karena mengandung purin yang banyak, seperti durian, alpukat, nanas, dan air kelapa.
  8. Selian makanan daging, sayur dan buah-buahan, ada beberapa minuman yang mengandung banyak purin seperti minuman yang mengandung alkohol (bir, wiski, anggur, minuman tape, dan tuak).

Nah, itu beberapa jenis makanan yang perlu dihindari atau jangan terlalu berlebihan untuk dikonsumsi terutama bagi penderita asam urat, karena banyak mengandung zat purin, penyebab asam urat.

Jenis-jenis Penyakit yang Dipicu oleh Asam Urat

Namun, perlu di waspadai bagi penderita penyakit asam urat, karena jangan menganggap penyakit asam urat sepele saja. Dari kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan proses pembentukkan kristal asam urat. Hal ini nantinya, akan memberikan efek buruk pada berbagai bagian tubuh. Dari proses pembentukan kristal asam urat yang berlebih tersebut, akan memberikan efek buruk pada tubuh. Beberapa jenis-jenis penyakit yang dapat dipicu oleh asam urat anatara lain:

  1. Penyakit batu ginjal.

Jika tubuh terllau banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat purin, maka kadar asam urat akan menumpuk. Hal tersebut dapat mengganggu proses ekskresi pada ginjal. Karena asam urat yang terllau banyak mengkristal dan tidak bisa dikeluarkan lewat urin. Kristal asam urat yang terbentuk di dalam ginjal nantinya akan dihubungkan pada kandung kemih. Jika anda kurang mengkonsumsi air mineral dan sering mengalami dehidrasi maka risiko batu ginjal dapat dipicu oleh asam urat.

  1. Penyakit arthritis atau gout.

Penyakit arthritis atau yang disebut dengan gout dapat dipicu dari tingginya kadar asam urat. Gout adalah penyakit peradangan akibat adanya proses pengendapan kristal asam urat pada sendi atau jari. Pengendapan kristal pada sendi dapat menyebabkan penurunan mobilitas sendi. Biasanya penyakit ini dirasakan oleh penderita pada malam hari, sering dimulai pada sendi jempol kaki, dan menyerang bagian sendi lainnya. Jika tidak ditangani dengan cepat penyakit ini akan terus tumbuh menjadi benjolan besar dan dapat menghancurkan tulang rawan dan tentunya dapat mematikan saraf sendi tubuh.

  1. Penyakit ginjal.

Asam urat jika dibiarkan menumpuk berlebihan lebih sering memicu penyakit pada ginjal. Namun ini berbeda dengan penyakit batu ginjal. Karena ginjal memiliki tugas untuk menyaring asam urat dari darah. Jika asam urat yang dihasilkan oleh tubuh berlebihan maka ginjal harus bekerja lebih keras lagi dalam proses filterisasi. Tentunya ini akan membuat ginjal akan rusak. Menurut study ada sekitar 25% orang yang memiliki kadar asam urat tinggi akan berisiko terserang penyakit ginjal progresif yang nantinya akan berkembang menjadi penyakit gagal ginjal.

Itu tadi beberapa faktor penyebab dan jenis-jenis penyakit yang dapat dipicu oleh asam urat. Dari informasi di atas semoga dapat menambah pengetahuan anda untuk lebih hati-hati lagi menjaga kesehatan. Asam urat terlihat hanya menyerang seseorang usia lanjut saja, namun anda yang masih usia muda pun harus perlu memperhatikannya.

Apabila Anda ingin segera sembuh dari penyakit yang sudah menggerogoti tubuh Anda sehingga membuat kehidupan Anda tersiksa, langsung saja pesan obat herbal kami dengan cara mengklik tombol dibawah ini.

Obat Asam Urat     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>