Fungsi Sarang Semut

Posted on September 23, 2015 By

fungsi sarang semut

fungsi sarang semut

Fungsi sarang semut bagi pengobatan dan kesehatan tidak diragukan lagi. Sekarang, sarang semut tidak lagi seperti dahulu yang hanya dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional suku Dayak di Kalimantan ataupun suku pedalaman di Papua. Sudah banyak penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari LIPI maupun dari IPB yang menemukan beberapa kandungan senyawa yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Termasuk penyakit kronis sekalipun.

Dari penelitian berbagai ahli inilah fungsi sarang semut telah dipercaya oleh berbagai kalangan. Tidak hanya kalangan yang masih mempercayakan kesembuhan penyakitnya dari pengobatan tradisional saja. Namun juga kalangan modern yang sering menyelesaikan masalah kesehatannya pada dokter dan rumah sakit.

Sarang semut adalah sebuah istilah yang digunakan dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Yunani, tumbuhan ini diberi nama mirmekofita yang berarti “dikerumuni semut” atau “mirip dengan semut”. Sarang semut ini berasal dari Kepulauan Solomon di Pasifik dan Kepulauan Besar di Queesland Australia. Namun banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara seperti Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia bahkan di Indonesia sendiri.

Di Indonesia banyak ditemukan di Jawa, Sumatra, Flores, Maluku, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. Namun, yang paling banyak dikenal orang karena kualitasnya adalah sarang semut dari Kalimantan dan Papua. Tumbuhan ini hidup menempel pada sebuah pohon yang mempunyai ketinggian 10 meter atau lebih. Meskipun menempel pada batang pohon, sarang semut bukan bersifat parasit seperti benalu. Ada simbiosis yang unik antara sarang semut dengan inangnya. Sehingga diantara keduany tidak ada yang merasa dirugikan.

Habitat sarang semut sendiri berada pada hutan rimba dengan intensitas cahaya yang rendah, suhu rendah dan kelembaban yang tinggi. Bentuk luarnya seperti umbi yang ditumbuhi banyak duri. Ketika masih muda, mempunyai panjang sekita 5 cm dengan diameter 3-5 cm. Sedangkan ketika sudah matang dan tua, panjangnya bisa sekitar 50 cm dengan diameter 15-30 cm.

 

Fungsi Sarang Semut Untuk Kesehatan

Antara lain berfungsi untuk :

  1. Untuk Memulihkan Stamina

Terlalu banyak bekerja dan faktor usia yang telah menua, membuat stamina tubuh kita menjadi berkurang. Alhasil, ketika kita bekerja dengan durasi yang sedikit lama, maka akan mudah merasa lelah dan kurang bersemangat. Oleh karena itu, kita memerlukan suplemen untuk menunjang kebugaran tubuh. Kita bisa menggunakan sarang semut untuk mengembalikan stamina yang hilang. Hingga tubuh kita merasa bugar kembali.

 

  1. Kanker

Kandungan senyawa flavonoid pada sarang semut diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit tumor dan kangker yang ganas. Seperti kanker darah, kanker prostat, kanker kulit, kanker rahim, kanker usus, kanker paru-paru, kanker liver, kanker payudara, kanker hidung maupun kanker otak. Tapi sarang semut tidak bisa menyembuhkan penyakit kanker tenggorokan dan rongga mulut.

 

  1. Stroke

Baik stroke ringan maupun stroke berat.  Kandungan multi meneral yang ada pada sarang semut mampu mengobati serangan stroke yang tiba-tiba diderita seseorang.

 

  1. Jantung Koroner

Sarang semut juga bisa mengobati sakit jantung koroner. Hal ini disebabkan karena kadar multivitamin yang ada pada sarang semut. Salah satunya adalah kalsium dan kaliumnya.

 

  1. Rematik

Kandungan Flavonoid sebagai inhibitor enzim xanthine oxidase serta antioksidan dan tokoferol yang terkandung dalam sarang semut terbukti mampu meredakan sakit encok dan rematik.

 

  1. Darah Tinggi (Hipertensi)

Salah satu penyebab hipertensi adalah karena terjadi penggumpalan darah pada tubuh. Senyawa Flavonoid yang terkandung dalam sarang semut terbukti mampu mencegah penggumpalan darah. Selain flavonoid, sarang semut juga mempunyai kandungan tokoferon yang dapat mengencerkan darah. Oleh karena itu, bagi kita yang mempunyai keluhan darah tinggi, mengkonsumsi sarang semut secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

 

  1. Sakit Kepala dan Migrain

Kandungan multi vitamin pada sarang semut, terutama kalsium, magnesium dan natrium terbukti mampu meredakan sakit kepala dan sakit kepala sebelah atau migrain.

 

  1. Sakit Lambung dan Maag

Kandungan multi mineral dan flavonoid pada sarang semut bisa memberi efek anti bakteri. Sehingga mampu menyembuhkan sakit maag, lambung, ataupun TBC.

 

  1. Sering Bersin dan alergi Hidung

Ada beberapa orang yang sensitif sekali dengan debu yang ada di sekitarnya. Karena debu-debu sekecil apapun mampu membuatnya alergi hidung dan bersin-bersin. Namun, jika rajin mengkonsumsi sarang semut, maka sering bersin dan alergi hidung akan hilang dan lenyap tak berbekas. Karena, kandungan senyawa tokofeol yang ada pada sarang semut mampu mengusir alergi hidung dan sering bersin.

 

  1. Diabetes Mellitus

Salah satu penyebab penyakit diabetes mellitus adalah dikarenakan oleh terganggunya hormon insulin pada tubuh. Sehingga tubuh tidak bisa menyerap zat gula yang masuk. Kandungan multi mineral pada sarang semut bisa membantu mengembalikan fungsi organ-organ tubuh termasuk juga memperbaiki kadar hormon insulin. Sehingga gula dapat diserap oleh tubuh dengan baik. Dengan begitu, penyakit diabetes mellitus tidak lagi menjadi gangguan tubuh.

 

Cara Pengolahan Agar Mendapatkan Fungsi Sarang Semut :

Karena sarang semut adalah pengobatan alami, maka agar khasiatnya lebih terasa, cara pengolahannyapun dengan cara yang alami pula. Berikut ini adalah cara pengolahan sarang semut.

  1. Sediakan sarang semut dengan berat kira-kira 200 gram
  2. Rebus dengan menggunakan 3 liter air di atas api besar hingga mendidih
  3. Minum setelah dingin tiap hari berturut-turut selama satu bulan

 

Dosis Agar Mendapatkan Fungsi Sarang Semut :

  1. Untuk pencegahan, minum tiga kali sehari. Dosis sekali minum adalah satu gelas (200 ml)
  2. Sedangkan untuk penyembuhan, diminum 3-8 gelas sehari dengan dosis sekali minum sama, satu gelas (200 ml). Anak dibawah umur 10 tahun bisa minum setengahnya.

 

Karena begitu populernya sarang semut karena khasiatnya yang bagus untuk obat dan penyembuhan, banyak dimanfaatkan para oknum yang tidak bertanggung jawab dan hanya ingin mengeruk keuntungan dari bisnis penjualan sarang semut ini tanpa mempedulikan resikonya, maka banyak beredar produk sarang semut palsu. Bagi kita yang ingin menggunakan sarang semut sebagai pengobatan, ada baiknya berhati-hatilah dalam membeli.

Sebaiknya, belilah sarang semut ini dari orang yang kita percaya atau minimal telah kita kenal. Karena sarang semut dikemas dalam berbagai macam bentuk produk, seperti kapsul, serbuk, teh dan irisan, maka pilihlah yang dikemas dalam bentuk irisan. Karena, dalam bentuk selain irisan, banyak dijual sarang semut yang palsu. Dan jika memang kita harus membeli sarang semut dengan bentuk kapsul atau serbuk, perhatikan izin depsosnya. Jangan membeli produk yang tanpa menggunakan izin depsos. Karena resiko membeli barang palsu sangat tinggi.

Untuk menunjang keberhasilan pengobatan dengan menggunakan sarang semut, hendaknya juga diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan pola serta gaya hidup yang sehat. Agar fungsi sarang semut dapat segera kita rasakan.

Sedikit informasi, bagi Anda yang ingin mencari fungsi obat herbal asli Kalimantan dan juga fungsi sarang semut Kalimantan di internet atau di mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan lainnya, silahkan Anda ketikkan saja dengan kata kunci”fungsi sarang semut dari papua, fungsi sarang semut kalimantan, fungsi sarang semut dari kalimantan”. Makan Anda akan menemukan website saya di halaman satu mesin pencari di internet yaitu www.jualsarangsemut.com.

Apabila Anda ingin melakukan pemesanan untuk membeli sarang semut, silahkan dengan mudahnya Anda klik tombol dibawah ini.

Sarang Semut     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *