Ketahui Penyebab Asam Urat Sebelum Terlambat

Posted on November 12, 2015 By

penyebab asam urat

penyebab asam urat

Penyebab asam urat bisa bermacam-macam. Mulai dari yang terbukti secara ilmiah hingga mitos yang berkembang di masyarakat. Penyebab asam urat utamanya berasal dari gaya hidup yang tidak sehat, dan biasanya diiringi oleh beberapa penyakit lainnya seperti hipertensi atau obesitas alias kegemukan.

Beberapa penyebab asam urat akan dibahas pada artikel ini, namun sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu apa itu asam urat, gejala, dan pantangan apa saja yang harus dijauhi oleh penderita asam urat. Penulis memiliki harapan dengan artikel penyebab asam urat ini bisa membantu pembaca mencegah dan mengatasi penyakit asam urat, karena dengan mengetahui penyebab asam urat maka tentu saja akan semakin memudahkan pencegahan dan pengobatannya.

Beberapa Penyebab dan Gejala Asam Urat

Gejala asam urat sebenarnya cukup kentara, apa lagi jika kita telah mengetahui penyebab asam urat kemudian menghubungkannya dengan gejala yang terjadi, maka kita akan dengan segera bisa menyimpulkan bahwa gejala yang terjadi adalah asam urat atau bukan. Beberapa gejala asam urat di antaranya :

  1. Nyeri di Persendian

Letak nyeri yang disebabkan oleh penyakit asam urat adalah pada sendi, terutama pada sendi jari kaki dan jari tangan. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa nyeri terasa pada bagian sendi lainnya seperti tumit, dengkul, pergelangan tangan dan siku. Pada kasus asam urat yang parah, rasa nyeri bisa sampai membuat kulit berubah merah dan membengkak.

  1. Waktu Terasa Nyeri

Nyeri atau linu yang menyerang penderita asam urat biasanya pada waktu-waktu tertentu seperti pada waktu malam hari saat suhu udara menurun dan beranjak dingin. Selain itu rasa nyeri atau linu bisa juga menyerang pada pagi hari tepat setelah bangun tidur.

  1. Frekuensi Rasa Nyeri

Rasa nyeri yang terjadi pada penderita asam urat biasanya berlangsung selama berhari-hari, bahkan jika tidak cepat ditangani, penderita bisa menjadi sangat kesakitan dan sulit bergerak. Di sinilah manfaatnya kita mengetahui penyebab asam urat, karena degan mengetahui penyebab asam urat maka pengobatan pun bisa dilakukan secara lebih cepat.

 

Jika menemui beberapa gejala di atas, misalnya, untuk lebih memastikan maka disarankan bersegeralah memeriksakan diri ke dokter atau langsung cek ke laboratorium. Perlu diketahui bahwa kadar asam urat yang normal pada lelaki dan perempuan adalah berbeda. Kadar asam urat pada lelaki 3,5 hingga 7 mg/dl sedangkan pada perempuan adalah 2,6 – 6 mg/dl.

Silahkan Baca Juga ;

Makanan Penyebab Asam Urat

Penyebab asam urat sebagaimana dijelaskan sebelumnya adalah sebagian besar karena makanan yang dikonsumsi. Penyebab asam urat terutama adalah ketika kita mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat purin. Zat purin yang masuk secara berlebihan akan mengkristal dan mengakibatkan peradangan hingga akhirnya menimbulkan rasa nyeri.

Adapun beberapa makanan penyebab asam urat di antaranya adalah :

  1. Jeroan

Sebagaimana yang banyak orang ketahui, jeroan adalah makanan yang paling pantang dikonsumsi oleh penerita asam urat. Macam-macam jeroan seperti hati, paru, otak, usus, limpa dan babat salah satu penyebab asam urat yang paling cepat bereaksi. Oleh karena itu harus senantiasa dihindari.

  1. Daging Merah

Tidak semua daging baik untuk kesehatan. Daging merah seperti daging kambing dan sapi contohnya, memiliki cukup banyak kandungan zat purin sehingga merupakan salah satu penyebab asam urat.

  1. Makanan Laut (Seafood)

Berbagai jenis makanan laut sama besar resikonya untuk menjadi penyebab asam urat sebagaimana jeroan. Makanan laut atau seafood seperti cumi-cumi, kerang, kepiting, dan ikan yang diasinkan wajib dihindari oleh penderita asam urat.

  1. Daging Bebek, Kalkun dan Angsa

Meskipun bebek, kalkun dan angsa bukan termasuk daging merah, namun kandungan zat purin di dalamnya cukup untuk menjadi penyebab asam urat. Selain itu, beberapa bagian dari daging ayam seperti bagian dada dan kulitnya pun menjadi salah satu penyebab asam urat yang harus dihindari.

  1. Makanan Berprotein dan Lemak Tinggi

Makanan dengan kandungan protein dan lemak tinggi seperti kacang tanah hendaknya dihindari oleh penderita asam urat. Selain kacang tanah, beberapa kacang-kacangan lainnya seperti kacang kedelai dan olahannya (susu, tempe), tauge, emping, melinjo juga merupakan penyebab asam urat.

  1. Makanan yang Dikalengkan

Selain memang pada dasarnya tidak sehat, makanan yang dikalengan seperti kornet dan sarden yang mengandung pengawet sangat tidak baik untuk penderita asam urat.

  1. Ekstrak Daging atau Daging Olahan

Ekstrak daging dan daging olahan seperti dendeng atau abon juga merupakan penyebab asam urat. Ambil yang alami saja.

  1. Sayuran dan Buah-buahan Tertentu

Beberapa jenis sayuran seperti jamur kuping, kembang kol dan daun singkong serta beberapa jenis buah-buahan seperti durian dan nanas adalah juga merupakan penyebab asam urat.

  1. Makanan Bersantan

Terakhir, salah satu penyebab asam urat adalah makanan yang kaya akan santan atau minyak dan mentega berlebihan. Terutama yang digoreng menggunakan mentega, jenis makanan ini merupakan salah satu penyebab asam urat.

 

Selain dari makanan, penyebab asam urat juga bisa berasal dari minuman yang kita konsumsi. Orang yang sering mengonsumsi alkohol, kopi dan minuman bersoda berpeluang lebih besar memiliki penyakit asam urat.

 

Penyebab Asam Urat Selain dari Makanan

Penyebab asam urat selain dari faktor makanan di antaranya adalah karena faktor genetik atau keturunan. Sebagian besar penderita asam urat memiliki riwayat asam urat pada keluarganya. oleh karena itu bagi yang memiliki riwayat asam urat hendaknya lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatannya.

Selain dari faktor keturunan, asam urat juga bisa menyerang pada seseorang yang tidak seimbang menjaga asupan gizi dan yang tidak memenuhi kandungan air yang harusnya dikonsumsi setiap harinya. Pada dasarnya, pembentukan kristal asam urat terjadi ketika fungsi ginjal tidak berjalan baik, oleh karenanya sisa metabolisme dari zat purin yang masuk berlebihan akhirnya menggumpal, menumpuk dan membentuk kristal-kristal asam urat. Maka dari itu jagalah asupan gizi agar tetap seimbang serta kesehatan ginjal salah satunya dengan banyak minum air putih.

Cara Atasi Asam Urat dengan Alami Hidup Sehat

Setelah mengetahui penyebab asam urat diharapkan mampu memudahkan pencegahan sehingga tidak sampai terjangkit penyakit asam urat. Namun jika asam urat telah terlajur menyerang, maka tetap ada usaha dan pengobatan yang mengatasinya. Pengobatan secara alami tentu selalu lebih baik. Salah satu pengobatan alami yang bisa dilakukan adalah dengan menjalani pola hidup sehat dan beberapa langkah di bawah ini :

  1. Teratur konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi dan ubi.
  2. Perbanyak konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C
  3. Kurangi asupan fruktosa yang terkandung pada beberapa makanan seperti gula dan permen.
  4. Olahraga teratur
  5. Hindari minum aspirin
  6. Perbanyak minum air putih agar tidak terjadi kerusakan ginjal yang menjadi penyebab asam urat paling utama.

 Nah, apabila Anda masih menderita karena penyakit asam urat, langsung saja membeli obat herbal asam urat paling paten dan ampuh mengobati asam urat yang tinggi, kini semua orang yang memiliki kadar asam urat yang tinggi sudah tersembuhkan berkat obat herbal asam urat yang kami miliki, sekaranglah giliran Anda untuk memesan produk herbal terbaik kami, silahkan klik tombol dibawah ini untuk melakukan pemesanan.

Obat Asam Urat     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>