Manfaat dan Kegunaan Sarang Semut Asli Kalimantan

Posted on Oktober 1, 2015 By

Kegunaan Sarang Semut

kegunaan sarang semut

kegunaan sarang semut

Berkembangnya jaman tidak menyurutkan kegunaan sarang semut. Bahkan saat ini tumbuhan epifit ini semakin banyak dicari karena memang memiliki banyak kegunaan terutama dalam hal medis. Penyakit yang sudah terbukti dapat dilawan dengan sarang semut salah satunya adalah kanker. Penyakit ini merupakan penyakit yang saat ini banyak menghantui masyarakat karena jumlah penderitanya setiap hari semakin bertambah. Selain untuk mengobati kanker, banyak juga penyakit lainnya yang bisa dibantu penyembuhannya dengan menggunakan sarang semut. Hal tersebut membuat sarang semut semakin dicari oleh masyarakat belakangan ini.

Kegunaan sarang semut memang sudah tidak diragukan lagi karena banyak orang yang telah membuktikan khasiatnya setelah mereka mengonsumsi tanaman obat tersebut. Sarang semut kalimantan adalah salah satu sarang semut yang terbaik untuk dijadikan obat. Sudah sejak lama masyarakat lokal memanfaatkan sarang semut untuk pengobatan. Tanaman yang tumbuh dihutan liar ini memiliki manfaat yang tidak terhingga yang berasal dari air liur semut hutan yang berlalu lalang keluar masuk tumbuhan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat sarang semut, inilah pembahasannya.

Manfaat dan kegunaan sarang semut

  1. Secara aktif melawan sel kanker

Kanker sudah menjadi hal yang sangat menakutkan bagi masyarakat. Penyakit ini tidak kenal usia dan bisa menyerang siapa saja. Baik anak-anak maupun orang dewasa dan lansia bisa terkena kanker. Pengobatan untuk kanker tidak sembarangan. Dibutuhkan biaya yang besar untuk pengobatannya karena harus ada obat-obatan yang harganya pun tidak sedikit. Selain obat, kemoterapi atau radiasi juga merupakan cara yang digunakan untuk menyembuhkan kanker. Disamping itu, pembedahan juga diperlukan untuk menghilangkan sel kanker jahat. Sarang semut memiliki senyawa yang dapat memerangi sel kanker. Senyawa tersebut seperti flavonoid, tanin dan tokoferol. Sarang semut kalimantan merupakan sarang semut berkualitas tinggi yang sangat baik untuk digunakan sebagai obat kanker.

Kanker memiliki sel tumor jinak atau benigna dan sel tumor ganas atau maligna. Kedua tumor tersebut baik jinak ataupun ganas sama-sama berbahaya dan harus dihilangkan. Kanker bisa menyerang organ apa saja seperti paru-paru, kulit, darah dan lain sebagainya. Hanya ada dua anggota tubuh yang tidak bisa terkena kanker yaitu rambut dan kuku.

Mengetahui fakta ini, tentu saja membuat kita semakin was-was dengan kanker dan harus segera mencari solusi untuk menyembuhkan kanker. Sarang semut merupakan jawaban untuk pertanyaan seputar kanker dan penyembuhannya. Sarang semut kalimantan merupakan alternatif yang bisa digunakan dalam menyembuhkan kanker. Sarang semut bisa dikategorikan obat herbal. Pengobatan kanker dengan obat-obat kimia, radiasi dan pembedahan sudah diketahui memiliki efek samping bagi tubuh. Untuk sarang semut sendiri, tidak akan ada efek samping berbahaya bagi tubuh saat dikonsumsi karena merupakan obat alami yang berasal dari tanaman.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa sarang semut memiliki flavonoid yang berperan aktif dalam memerangi sel kanker. Flavonoid dapat menonaktifkan karsinogen dan juga dapat berperan sebagai antiproliferasi. Dengan begitu sel kanker dapat terhambat dan siklusnya tidak akan berkembang.

  1. Meningkatkan air susu ibu

Flavonoid merupakan antioksidan yang sangat baik untuk melawan kanker. Selain kanker, flavonoid juga berkhasiat untuk meningkatkan air susu ibu karena bersifat laktagogal. Sehingga flavonoid dapat membantu dalam meningkatkan volume air susu ibu. Dengan begitu, anak bisa mendapatkan asupan gizi yang maksimal. Air susu ibu atau ASI merupakan makanan yang penting untuk bayi. Tanpa ASI, anak tidak akan tumbuh dengan baik. Bisa saja kita mengganti ASI dengan susu formula. Namun nutrisi dari ASI jauh lebih besar daripada susu formula. ASI tidak hanya sebagai sumber makanan bagi bayi. Dari ASI lah bayi mendapatkan imun atau sistem kekebalan tubuh.

Maka tidak heran jika anak yang diberikan ASI lebih kebal terhadap berbagai penyakit. Untuk susu formula, tidak semua bayi bisa cocok untuk mengonsumsinya. Ada beberapa anak yang alergi terhadap susu formula sehingga ibu membutuhkan alternatif lain. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi sarang semut secara teratur maka air susu ibu bisa ditingkatkan.

 

Memaksimalkan kegunaan sarang semut

Sarang semut bukanlah obat herbal sembarangan karena untuk mendapatkannya pun harus mencari ke hutan-hutan liar seperti hutan kalimantan. Oleh karena itu, tidak heran jika tanaman ini memiliki harga yang cukup mahal. Namun, jika kita kembali mengingat akan manfaat dari sarang semut, maka kita tidak perlu lagi untuk membahas harga. Lalu bagaimanakah cara mengonsumsi sarang semut yang benar agar didapatkan hasil yang maksimal untuk proses penyembuhan?

– Sarang semut bentuk kapsul

Saat ini sudah banyak dipasarkan sarang semut dalam bentuk kapsul. Hal ini memudahkan bagi kita yang tidak memiliki waktu untuk mengolah sarang semut utuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua sarang semut dalam bentuk kapsul adalah produk original. Maka ada baiknya untuk kita teliti dan berhati-hati sebelum membelinya.

– Mengolah sarang semut utuh

Mengolah sarang semut yang masih utuh merupakan cara yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena sarang tidak mengalami proses-proses yang dapat mengurangi kandungannya yang bermanfaat. Cara mengolah sarang semut yang masih utuh cukup sederhana. Kita hanya harus memotong kecil-kecil sarang tersebut, kemudian dimasukkan dalam blender untuk digiling sampai halus. Kita bisa juga merebus sarang semut dengan 3 liter air sampai mendidih. Sebelum diminum, ada baiknya kita menyaringnya terlebih dahulu.

– Mengonsumsi sarang semut sesuai dengan dosis yang dianjurkan

Obat akan bermanfaat jika dikonsumsi sesuai dengan dosis. Seperti halnya obat yang diresepkan oleh dokter bertujuan agar obat bisa bekerja dengan maksimal dan penyakit bisa sembuh. Jika obat dikonsumsi berlebihan maka bisa menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh. Untuk orang dewasa menjaga kesehatan dan mencegah agar tidak sakit, baiknya air rebusan sarang semut tersebut cukup diminum 3 kali sehari dengan 1 gelas sekali minum. Kemudian untuk mengobati penyakit seperti kanker, jantung koroner dan sebagainya sebaiknya air rebusan sarang semut dikonsumsi 6 kali sehari dengan takaran 3 sampai 8 gelas per hari. Untuk anak-anak, dosis tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Untuk pencegahan, anak-anak dianjurkan mengonsumsi sebanyak 1 sampai 2 kali seminggu saja. Anak-anak cukup rentan terkena berbagai macam penyakit mulai dari penyakit ringan sampai yang berat sekalipun. Oleh karena itu, membuat mereka rutin mengonsumsi air rebusan sarang semut dapat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh mereka agar tidak gampang sakit. Untuk penyembuhan, anak-anak disarankan minum 2 sampai 3 kali sehari secara rutin dibawah pengawasan orangtua.

Mengonsumsi sarang semut baiknya dibarengi dengan asupan gizi yang baik. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat selama mengonsumsi sarang semut agar pengobatan bisa berjalan maksimal dan kegunaan sarang semut bisa semakin optimal.

Nah, itu tadi adalah macam – macam dari kegunaan sarang semut, namun apabila Anda ingin mencoba kegunaan sarang semut asli Kalimantan, karena dijamin kegunaan sarang semut asli Kalimantan lebih paten dan mujarab, sudah banyak yang merasakan khasiatnya. Untuk melakukan pembelian sarang semut asli Kalimantan,  bisa saja Anda beli di website saya ini. Untuk format pemesanannya, silahkan klik tombol dibawah ini.

Sarang Semut     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *