Manfaat Sarang Semut Untuk Asam Urat

Posted on Oktober 2, 2015 By

sarang semut untuk asam urat

sarang semut untuk asam urat

sarang semut untuk asam urat

Berbicara masalah manfaat sarang semut, tak puas jika melewatkan pembahasan mengenai  manfaat sarang semut untuk asam urat. Di beberapa tahun terakhir ini, dunia pengobatan herbal digemparkan oleh fenomena mengenai keampuhan dan khasiat sarang semut untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Meski penemuan ini baru ditemukan beberapa tahun terakhir, namun sebenarnya Suku Dayak di Kalimantan dan Suku Pedalaman di papuatelah puluhan tahun menggunakan sarang semut untuk mengobati berbagai macam penyakit. Secara turun temurun, nenek moyang mereka telah mengajari bagaimana meramu tanaman sarang semut untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Sedangkan di dunia kedokteran modern, terutama dunia herbal, banyak sekali pengobatan yang menggunakan ekstrak tanaman sarang semut. Salah satu manfaatnya adalah sarang semut untuk asam urat. Manfaat sarang semut untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya kita jelaskan terlebih dahulu apa itu penyakit asam urat dan bagaimana pengobatannya dengan menggunakan sarang semut.

 

Sekilas Mengenai Penyakit Asam Urat :

Asam urat adalah sejenis zat sisa purin yang ada dan mengendap dalam tubuh kita. Purin adalah sejenis zat yang ada pada mahluk hidup yang kita makan. Misalnya, kita mengkonsumsi ayam. Zat purin yang ada dalam ayam tersebut pindah ke tubuh kita. Purin tidak hanya ada pada makanan yang berdaging. Ada juga beberapa macam sayuran yang mengandung purin.

Secara normal, purin yang masuk pada tubuh akan dikeluarkan kembali melalui sistem metabolisme tubuh melalui urin. Namun, ketika kadar purin pada tubuh terlalu berlebihan, maka ginjal sulit untuk menyaring. Akibatnya, purin akan menumpuk dipersendian dan menyebabkan rasa nyari serta bengkak.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena asam urat. Salah satunya yaitu karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin. Sehingga, ginjalsulit untuk menyaring yang mengakibatkan purin berubah menjadi asam urat saat proses metabolisme tubuh terjadi. Terdapat masalah pada ginjal sehingga ginjal merasa kesulitan dalam menyaring zat purin yang berlebihan pada tubuh. Persendian terasa kaku, panas, nyeri, bengkak, dan linu yang diakibatkan oleh penumpukan asam kristal yang ada dipersendian.

Apa saja gejala awal yang timbul ketika seseorang mengalami sakit asam urat? Banyak sekali tandat-tanda bahwa seseorang sedang menderita asam urat. Salah satunya adalah Pada persendian kaki, tangan, tumut dan siku terasa nyeri. Nyeri itu datang secara berulang. Nyeri itu sering datang pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Ketika asam urat mulai meradang, tidak hanya nyeri dan ngilu saja yang dirasakan. Bahkan akan terlihat bengkak kemerahan yang ketika sudah parah bisa menjadikan penderitanya sulit untuk berjalan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati asam urat. Salah satunya yaitu menghindari makanan yang mengandung banyak purin. Seperti jerohan, seafood, ekstrak daging seperti abon, kacang-kacangan, unggas, kangkung, bayam, dan makanan lainnya yang terbukti mengandung purin. Selain itu, bisa diobati dengan obat dari dokter maupun alami. Untuk pengobatan alami, biasanya menggunakan bahan herbal. Salah satunya dengan menggunakan tanaman sarang semut.

Apa Itu Sarang Semut Untuk Asam Urat?

Ada sebagian orang yang sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama tanaman sarang semut. Namun tidak sedikit yang belum mengetahui apa itu tanaman sarang semut dan khasiatnya. Tanaman sarang semut adalah sejenis umbi yang hidup secara epifit atau menempel pada sebuah batang pohon inangnya. Meskipun dia hidup dengan cara menempel pada sebatang pohon inangnya, dia tidak bersifat parasit seperti benalu yang mencuri makanan pada dari inangnya.

Bentuknya bulat agak lonjong. Kulit luarnya ditumbuhi banyak duri. Sedangkan jika dagingnya dibelah, akan banyak kita temui rongga yang membentuk seperti labirin. Di rongga inilah banyak semut yang berkumpul dan berkoloni. Ada simbiosis yang unik antara tumbuhan sarang semut dengan semut yang menghuninya. Suhu yang stabil dalam tanaman sarang semut membuat banyak semut merasa nyaman. Sehingga merek tinggl di sana, berkumpul, berkoloni dan berkembang biak. Para semut mendapat makanan dari zat gula yang dikeluarkan secara alami oleh tanaman ini. Imbal baliknya, kotoran semut yang dikeluarkan adalah zat gizi yang dimanfaatkan oleh tanaman ini untuk pertumbuhan dan berkembang biak.

Jika masih muda, tanaman sarang semut mempunyai panjang kira-kira 5 cm dengan diameter sepanjang 3-5 cm. Sedangkan ketika telah tua dan matang, panjangnya bisa mencapai 50 cm dengan diameter sepanjang 15-30 cm. Semakin tua tanaman ini, maka khasiatnya akan semakin manjur.

Meskipun penyebarannya banyak terdapat di kawasan asia tenggaran, namun asal tanaman ini sebenarnya dari Kepulauan Solomon di Pasifik dan Kepulauan Besar di Queesland Australia. Berkembang terus hingga menyebar ke Vietnam, Thailand, Malaysia, dan bahkan sampai ke Indonesia. Di Indonesia, akan banyak kita temui di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Papua, Flores, Sulawesi, Maluku, dan berbagai daerah lainnya. Tapi, jika ditanya dimana tumbuh sarang semut dengan kualitas paling bagus? Maka jawabannya adalah di Kalimantan dan Papua.

 

Beberapa Manfaat Sarang Semut Untuk Asam urat

Seperti apa yang telah dijelaskan, bahwa sarang semut adalah obat bagi berbagai macam penyakit. Seperti tumor, kangker, sakit lambung, magh, menambah stamina tubuh yang loyo, menambah gairah seksual, mengobati sakit kepala, migrain, bersin-bersin, mimisan, alergi hidung, ambeien, diabates, asam urat dan lain sebagainya.

Mengapa sarang semut bisa dijadikan obat untuk berbagai macam penyakit? Karena dari hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli kesehatan, sarang semut mempunyai kandungan senyawa Flavonoid dan tanin, dimana senyawa ini mengandung zat antioksidan dan anti virus yang tidak hanya berperan untuk membunuh segala macam bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh saja. Namun juga memberi perlindungan pada tubuh agar bakter-bakteri dan virus-virus tersebut tidak kembali masuk ke dalam tubuh.

Bagaimana cara medapatkannya? Mudah saja. Kita bisa membelinya di toko obat herbal alami. Biasanya dikemas dalam bentuk kapsul, teh, irisan, ataupun bongkahan. Kita bisa memilih produknya sesuai dengan yang kita inginkan.

Bagaimana cara mengkonsumsi untuk mendapatkan manfaat sarang semut untuk asam urat? Tergantung dari jenis produk yang kita beli. Jika kita membeli produk dalam bentuk kapsul, diminum 3 kali sehari dengan sekali minum sebanyak 2 kapsul. Sedangkan jika kita membeli dalam bentuk teh, diminum 2 kali sehari dengan dosis sekali minum 2 gelas. Namun jika kita membelinya dalam bentuk irisan atau bongkahan , kita bisa merebusnya terlebih dahulu lalu meminum airnya dengan dosis seperti dosis produk yang dikemas dalam bentuk teh.

Itulah sekelumit mengenai manfaat sarang semut untuk asam urat. Semoga bermanfaat bagi kita yang sedang mencari informasi mengenai obat herbal alami.

Owh, ya hampir lupa, Apabila Anda mempunyai kenalan atau keluarga Anda yang menderita penyakit asam urat, tidak salahnya mencoba produk saya yaitu tumbuhan sarang semut untuk asam urat agar penyakit asam uratnya dapat teratasi dan tidak kambuh lagi, apabila Anda ingin melakukan pemesanan, silahkan klik tombol dibawah ini untuk melakukan pembelian.

Obat Asam Urat     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>