Manfaat Sarang Semut Untuk Diabetes

Posted on Oktober 2, 2015 By

sarang semut untuk diabetes

sarang semut untuk diabetes

sarang semut untuk diabetes

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat sarang semut untuk diabetes. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa tanaman sarang semut mempunyai banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Seperti ambeien (wasir), kangker, tumor, mimisan, bersin-bersin dan alergi hidung, sakit kepala, migrain, meningkatkan stamina yang loyo, meningkatkan gairah seksual, diabetes dan berbagai penyakit lainnya.

Sebelum banyak orang tau mengenai manfaat sarang semut untuk diabetes dan penyakit lainnya, berawal dari sebuah fakta bahwatumbuhan sarang semut adalah tumbuhan yang sering digunakan untuk pengobatan herbal alami bangi Suku Dayak di Kalimantan dan Suku Pedalaman di Papua. Mereka menggunakan sarang semut secara turun menurun warisan dari nenek moyang mereka untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tapi, setelah tim kesehatan dan penelitian dari LIPI, IPB, dan berbagai tim ahli lainnya terjun ke lapangan untuk mengadakan penelitian, ditemukan fakta adanya kandungan senyawa Flavonoid dan tanin yang mengandung antioksidan dan akti virus yang mempu membunuh virus dan bakteri penyebab beberapa penyakit. Serta memberi perlindungan pada tubuh agar virus tersebut tida mudah kembali lagi.

Nah, sebelum kita membahas lebih lanjut lagi, terlebih dahulu kita akan membahas satu per satu terlebih dahulu. Mengenai apa itu penyakit diabetes dan apa itu tumbuhan sarang semut.

 

Sekilas Mengenai Penyakit Diabetes :

Penyakit diabetes atau yang lebih sering disebut kecing manis adalah sebuah penyakit dimana kadar gula dalam dalam darah tinggi yang disebabkan oleh terganggunya metabolisme dalam tubuh. Organ pengkreas tidak bisa menghasilkan hormon insulin yang diperlukan oleh tubuh. Hormon insulin diperlukan dalam tubuh untuk mengubah protein, lemak, dan karbohidrat menjadi energi. Selain itu, hormon insulin juga bertugas untuk menngontrol kadar gula dalam darah dan menurunkannya jika terlalu tinggi.

Tanda sederhana yang bisa dilihat bahwa seseorang terkena penyakit diabetes adalah, ketika kencing di tempat terbuka, urinnya dikerubungi oleh semut. Karena kadar gula dalam darah melonjak drastis. Sekitar 160-180 mg/dl. Selain itu, tanda selanjutnya adalah jumlah urin yang keluar terlalu banyak. Terjadinya haus dan lapar secara berlebihan. Sering buang air kecil. Berat badan turun drastis tanpa tahu penyebabnya. Sering merasakan kesemutan atau mati rasa pada ujung syaraf telapak kaki dan tangan. Mudah merasa lelah. Mengalami gangguan penglihatan seperti rabun yang datang secara mendadak. Jika mengalami luka akan lama sembuhnya sekalipun hanya luka gores serta mudah terkena infeksi.

Tanda-tanda di atas memnag tidak terlihat pada semua orang yang menderita diabetes. Tapi sering terlihat sebagai tanda awal. Pada tahap yang lebih parah, penderita bahkan bisa pingsan, tidak sadarkan diri dan mengalami koma. Gejala diabetes ini bisa berkembang dalam hitungan minggu atau bulan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit diabetes. Bisa dengan suntik insulin atau dengan pengobatan alami. Untuk suntik insulin hanya bisa dilakukan oleh dokter. Tapi untuk pengobatan alami, kita bisa melakukannya sendiri dengan bahan-bahan herbal yang alami. Salah satunya dengan menggunakan sarang semut.

 

Apa Itu Sarang Semut Untuk Diabetes?

Banyak yang tidak tahu mengenai tanaman sarang semut. Ataupun kalau tahu, pastilah hanya produk tanaman sarang semut yang dikemas dalam bentuk kapsul, teh atau irisan. Tanaman sarang semut adalah sejenis umbi-umbian yang hidup di sebatang pohon. Dia menempel pada batang sebuah pohon yang tingginya kurang lebih sekitar 10 meter, mempunyai suhu yang rendah, intensitas cahaya rendah, namun dengan kelembaban yang tinggi. Oleh karena itu, habitat sarang burung banyak kita temui di hutan rimba atau pegunungan.

Meski tanaman sarang burung hidup di sebuah batang pohon inangnya, dia bukanlah parasit seperti benalu yang mencuri makanan dari pohon inangnya. Ada simbiosis yang unik antara pohon inang dengan tanaman sarang semut. Selain itu, ada simbiosis saling menguntungkan juga antara tanaman semut dengan koloni semut yang tinggal di dalamnya.

Sarang semut adalah sejenis umbi yang tumbuh di luar. Kulit luarnya ditumbuhi banyak duri. Sedangkan di dalamnya, terdapat banyak rongga yang bersekat menyerupai labirin. Di sinilah banyak semut tinggal dan hidup berkoloni. Simbiosis terjadi karena suhu yang ada di dalam tanaman sarang semut stabil. Sehingga membuat semut betah berlama-lama tinggal di dalamnya. Selain itu, sarang semut mengeluarkan zat gula yang sangat disukai oleh semut. Sedangkan kotoran semut sendiri adalah bahan gizi yang sangat diperlukan oleh tanaman sarang semut.

Ukuran tanaman ini beragam. Ketika masih muda, panjangnya hanya sekitar 5 cm dan mempunyai diameter sepanjang 3-5 cm. Namun, ketika telah tua dan matang, panjangnya bisa mencapai 50 cm dengan diameter sepanjang 13-15 cm.

Tanaman ini berasal dari Kepulauan Solomon di Pasifik dan Kepulauan Besar di Queesland Australia. Tapi penyebarannya justru banyak terdapat di Asia tenggara. Seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, bahkan di Indonesia. Di Indonesia sendiri banyak tersebar di pulau Jawa, Sumatra, Maluku, sulawesi, flores, Kalimantan dan Papua. Tapi, dari berbagai penelitian sarang semut terbaik berasal dari hutan Meratus Kalimantan dan Pegunungan Jayawijaya di Papua.

 

Beberapa Manfaat Sarang Semut Untuk Diabetes

            Telah menjadi rahasia umum bahwa tanaman sarang semut adalah salah satu tanaman herbal alami yang mempunyai khasiat ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh tim ahli LIPI, tim ahli dari IPB, dan berbagai tim ahli lainnya, terdapat senyawa Flavonoid dan tanin dalam tanaman sarang semut. Dimana Flavonoid mengandung antioksidan dan anti virus yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus penyebab berbagai macam penyakit dalam tubuh manusia serta mencegahnya untuk datang lagi.

Salah satu manfaat yang bisa didapat adalah manfaat sarang semut untuk diabetes. Yang dimaksud manfaat di sini adalah manfaatnya untuk mengobati penyakit diabetes. Jika kita berminat, kita bisa membeli produk sarang semut ini dalam bentuk kapsul, teh, irisan, atau bongkahan sesuai dengan yang kita perlukan. Semua jenis produk itu sama khasiatnya jika kita membelinya dalam bentuk produk yang asli.

Untuk penyembuhan diabetes, dosisnya disesuaikan dengan jenis produk. Jika kita membeli jenis produk kapsul, minumlah 3 kali sehari sekali minum 2 kapsul. Jika kita membelinya dalam bentuk teh, seduh dulu dengan menggunakan air, minum sebanyak 3 kali sehari dengan takaran sekali minum sebanyak 2 gelas. Sedangkan jika kita membelinya dalam bentuk irisan atau bongkahan, terlebih dahulu kita harus merebusnya, lalu menyaringnya. Setelah itu, minum sehari 3 kali dengan sekali minum sebanyak 2 gelas.

Itulah sekelumit informasi mengenai sarang semut untuk diabetes. Kita bisa membeli sarang semut di toko yang menjual obat herbal atau membelinya di onlineshop yang menjual produk tanaman sarang semut ini.

Apabila Anda ingin melakukan pemesanan sarang semut untuk diabetes, langsung saja pesan dengan cara klik tombol dibawah ini.

Obat Diabetes     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *