Memilih Obat Vertigo Secara Tepat

Posted on Oktober 2, 2015 By

Obat Vertigo

obat vertigo

obat vertigo

Banyak yang berpikir bahwa obat vertigo tidaklah berbeda dengan obat sakit kepala lainnya sehingga tablet minum yang dijual di warung atau apotek terdekat sering kali menjadi pilihan saat vertigo menyerang. Namun tahukah bahwa vertigo adalah jenis serangan sakit kepala yang sama sekali berbeda dengan jenis sakit kepala lainnya seperti migrain atau gejala keleyengan ketika terserang anemia?

Dikarenakan jenisnya berbeda maka obat vertigo pun akan berbeda dengan obat sakit kepala lainnya. Oleh karena itu seseorang yang terserang perasaan pusing mirip gejala vertigo hendaklah memilih obat vertigo yang tepat, karena kalau tidak, meskipun ada beberapa kasus vertigo yang hilang dengan sendirinya, sebaliknya, vertigo juga bisa menyerang dalam jangka waktu lama. Tentu hal ini akan sangat mengganggu rutinitas.

Apa Itu Vertigo? Bagaimana Memilih Obat Vertigo yang Tepat?

Vertigo adalah sebutan untuk perasaan pusing atau sensasi berputar yang dirasakan. Ketika terserang vertigo, seseorang akan merasa dunia di sekelilingnya seolah berputar hingga mengganggu keseimbangan. Bahkan pada kasus cukup parah, vertigo bisa menyebabkan muntah-muntah bagi penderitanya.

Selain gambaran di atas, gejala vertigo lainnya juga biasanya menyerang adalah perasaan mual dan gangguan keseimbangan yang disertai dengan sakit kepala, peka terhadap cahaya, nyeri otot, dan kelelahan serta adanya gerakan mata abnormal.

Berbagai macam gejala yang menyerang ketika vertigo datang, maka dari itu obat vertigo akan bisa ditentukan salah satunya dengan mengenali penyebabnya.

 

Menentukan Obat Vertigo Berdasarkan Penyebabnya

Di bawah ini merupakan beberapa penyebab serangan vertigo yang  bisa ditentukan dengan cara memerhatikan gejalanya:

  1. Penyakit Meniare

Beberapa gejala vertigo yang paling kentara di antaranya adalah perasaan pusing atau berayun yang sering kali disertai dengan dengingan telinga, gangguan pendengaran, serta perasaan tertekan di telinga. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan penderita terserang penyakit Meniare.

Meniare adalah sebuah gangguan telinga yang diduga disebabkan oleh penumpukan cairan pada endolimfe. Karena pusat keseimbangan tubuh berada pada telinga, maka penyakit ini menyebabkan perubahan tekanan di telinga sehingga berakibat pada perubahan keseimbangan tubuh.

  1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

BPPV adalah gangguan sistem vestibular pada telinga, yakni keadaan ketika partikel kalsium kecil menggumpal di kanal telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam ini berfungsi mengirim sinyal ke otak mengenai gerakan kepala dan tubuh kita terhadap gravitasi. Hal ini membantu menjaga keseimbangan tubuh kita.

Maka,  jelas saja ketika telinga bagian dalam ini mengalami gangguan, sistem keseimbangan tubuh kita pun akan terganggu. Sejauh ini para dokter menyimpulkan bahwa BPPV bisa jadi disebabkan oleh faktor usia.

  1. Vestibular neuritis

Sebagaimana gangguan telinga lainnya, yang satu ini juga merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada telinga bagian dalam, namun hal ini biasanya diakibatkan oleh infeksi atau virus yang menyerang. Infeksi ini seringkali terjadi pada bagian-bagian telinga yang dipenuhi syaraf sensitif sehingga keseimbangan tubuh pun menjadi terganggu.

 

Beberapa Pengobatan Vertigo

Berdasarkan gejala dan penyebab yang telah dipaparkan di atas, bisa disimpulkan bahwa obat vertigo lebih cenderung pada pemulihan sistem telinga yang mengalami gangguan, bukan menitikberatkan pengobatan pada bagian kepala yang merasa pusing.

Berikut adalah beberapa pengobatan vertigo yang bisa dilakukan :

  1. Canalith repositioning maneuvers

Adalah kegiatan atau rangkaian gerakan yang direkomendasikan oleh American Academy of Neurology untuk BPPV dengan tujuan memindahkan deposit kalsium dari kanal ke ruang telinga bagian dalam agar deposit kalsium tersebut dapat diserap oleh tubuh. Karena ini merupakan serangkaian terapi, maka pelaksanaannya pun dengan pengawasan dokter yang memberikan terapi.

  1. Rehabilitasi Vestibular

Dinamakan rehabilitasi karena hal ini biasanya dilakukan untuk penderita yang berulang kali mengalami vertigo. Jadi untuk yang baru sekali mengalami, biasanya tidak dilakukan tindakan rehabilitasi vestibular untuk pengobatan vertigo yang dialaminya.

  1. Menggunakan Obat

Sebenarnya bukan benar-benar merupakan obat vertigo, karena sekali lagi, pengobatan vertigo dilakukan dengan cara mengobati atau menghilangkan gangguan penyebabnya. Namun untuk beberapa kasus vertigo yang cukup parah, dokter kadang memberikan resep obat untuk meringankan mual atau sakit telinga.

  1. Operasi

Tindakan operasi dilakukan biasanya jika ditemukan bahwa penyebab vertigo berasal dari kasus yang lebih serius seperti tumor atau cedera yang terjadi pada kepala atau leher.

 

Obati Vertigo Secara Alami

Selain dengan pengobatan konvensional, kita juga bisa mencoba menerapkan pengobatan alami pada vertigo dengan beberapa ramuan yang bisa dimanfaatkan dari tanaman di sekitar kita. Hal ini tentu memudahkan dan patut dicoba. Obat vertigo alami di antaranya adalah :

  1. Ramuan Bunga Matahari

Obati vertigo dengan air rebusan dari campuran bunga matahari dan jahe Caranya dengan merebus kedua bahannya hingga mendidih dan surut sampai setengahnya kemudian diminumkan pada pendertita vertigo 2x sehari.

  1. Ramuan Bunga Melati

Siapa sangka bunga khas Indonesia yang memiliki wangi khas ini juga bisa dijadikan ramuan untuk obati vertigo? Namun kali ini bukan untuk bahan rebusan dan diminum. Campurkan segenggam daun melati beserta bunganya sekitar 10 hingga 12 bunga kemudian remas-remas dan rendam di dalam air. Gunakan airnya untuk mengompres pendertita vertigo agar meringankan pusing yang dirasakan.

  1. Ramuan Tepung Temulawak

Tumbuk temulawak yang sudah dikeringkan hingga halus dan menjadi tepung. Rebus sekitar dua genggam tepung temulawak tersebut dengan menggunakan 4 sampai 5 gelas air, namun angkat ketika airnya sudah mencapai sekitar 3 gelas saja. Setelah diangkat, saring air rebusan tepung temulawak kemudian minumkan pada penderita vertigo.

  1. Garam

Selain ketiga ramuan di atas, ada satu bumbu dapur lagi yang tak kalah penting peranannya dalam pengobatan vertigo, yakni garam. Namun jangan salah, kali ini pengobatannya bukan dengan cara membuat ramuan dari garam, melainkan sebaliknya. Ketika terserang vertigo, penderita hendaknya mengurangi kandungan garam dalam tubuhnya dengan cara kurangi konsumsi garam.

 

Selain beberapa tidakan pengobatan untuk vertigo di atas, yang hendaklah kita sadari adalah pentingnya pencegahan sebelum terserang. Dalam hal ini tentu saja vertigo pun ada tindakan pencegahannya yang dimulai dari kebiasaan diri kita sendiri, di antaranya adalah:

  1. Biasakan tidur dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi dari badan
  2. Bangun tidur dengan perlahan dan usahakan duduk dulu sebelum bangkit berdiri
  3. Hindari kebiasaan membungkuk
  4. Hindari terlalu sering melakukan gerakan mendongakkan kepala sebagaimana kita melihat langit-langit
  5. Hidup sehat dengan istirahat yang cukup serta banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin B dan C
  6. Hilangkan kebiasaan mengorek telinga karena hal ini merupakan kebiasaan buruk yang bisa jadi mengakibatkan bagian dalam telinga sakit dan infeksi sehingga memancing terjadinya vertigo.

Semoga artikel di atas dapat menjadi referensi memilih obat vertigo yang tepat.

Nah, bagi Anda yang ingin segera sembuh dari penyakit vertigonya, saya sarankan Anda untuk mengkonsumsi produk herbal yang kami jual, yaitu perpaduan ramuan herbal etnis suku dayak menggunakan tumbuhan sarang semut dan bawang dayak untuk mengobati penyakit vertigo secara permanen dan cepat. Apabila Anda tertarik ingin segera sembuh dari penyakit vertigo, segera saja Anda memesan obat vertigo paling ampuh dari produk kami dengan cara mengklik tombol dibawah ini untuk cara memesannya.

Obat Vertigo     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *