Obat Flu, Penyebabnya, Macamnya dan Pengobatannya

Posted on November 5, 2015 By

Obat flu merupakan salah satu obat yang sangat laku dipasaran. Hal ini terjadi karena flu merupakan penyakit yang kerap sekali menjangkit masyarakat luas, baik yang tua maupun yang muda, atau bahkan usia balita. Flu yang sering kita kenal dengan influenza merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza A, B, dan lebih jarang, C. Penyakit ini terutama berdampak terhadap tenggorok dan paru – paru, tetapi juga dapat mengakibatkan masalah jantung dan bagian tubuh lain, terutama di kalangan penderita memiliki masalah kesehatan lain.

Flu juga bisa menyebabkan diare dan kejang pada anak-anak. Setiap tahun, ribuan orang di Amerika Serikat meninggal akibat flu, dan jauh lebih banyak yang harus dirawat di rumah sakit Flu bisa membuat sebagian orang jauh lebih parah sakitnya dibanding lainnya. Antara lain adalah anak kecil, mereka yang berusia 65 tahun ke atas, wanita hamil, dan mereka yang menderita penyakit tertentu – misalnya penyakit jantung, ginjal atau paruparu atau sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pemberian pengobatan secara dini merupakan penting bagi golongan orang-orang di atas, dan siapapun yang bersentuhan dengan mereka.

Gejala – gejala yang timbul akibat flu biasanya dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat pilek. Virus influenza selalu berubah-ubah. Obat flu dibuat untuk melindungi terhadap 3-4 virus yang kemungkinan menyebabkan penyakit flu. Obat flu tidak dapat mencegah semua kasus penyakit flu, namun merupakan bentuk bantuan sistem pertahanan dari luar tubuh untuk melawan penyakit ini. Gejala-gejala biasanya timbul satu sampai tiga hari setelah infeksi, dan mungkin termasuk yang berikut secara mendadak: demam, sakit kepala, sakit otot dan sendi, sakit tenggorok, batuk, hidung beringus atau tersumbat, lelah parah. Kebanyakan penderita sembuh dalam waktu seminggu.

Dibandingkan dengan banyak infeksi lain (misalnya pilek), influenza cenderung mengakibatkan gejala dan komplikasi yang lebih parah. Komplikasi dapat termasuk pneumonia, kegagalan jantung atau semakin parahnya penyakit lain. Virus ini sebagian terutama ditularkan dari orang ke orang melalui tetesan setelah orang yang terinfeksi batuk atau bersin, atau melalui bersentuh (mis. ketika seseorang berjabat tangan dengan orang lain). Lebih mudah untuk terkena influenza di tempat yang tertutup atau sesak. Penderita influenza dapat menularkan penyakit dari hari sebelum, sampai beberapa hari setelah gejala mulai timbul.

 

Alasan Obat Herbal Untuk Obat Flu

obat flu

obat flu

Saat ini meskipun obat tradisional cukup banyak digunakan oleh masyarakat dalam usaha pengobatan sendiri (self-medication), profesi kesehatan/dokter umumnya masih enggan untuk meresepkan ataupun menggunakannya. Hal tersebut berbeda dengan di beberapa negara tetangga seperti Cina, Korea, dan India yang mengintegrasikan cara dan pengobatan tradisional di dalam sistem pelayanan kesehatan formal.

Obat tradisional  Indonesia merupakan warisan budaya bangsa sehingga perlu digali, diteliti dan dikembangkan agar dapat digunakan lebih luas oleh masyarakat. Definisi obat tradisional ialah bahan atau ramuan bahan yang berasal dari tumbuhan, hewan, mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut, yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman.

Apabila dikaji dari sejarah perkembangan, beberapa obat moderen ternyata sebagian di antaranya juga disolasi dari tanaman. Selain itu didapatkan juga obat antikanker yang berasal dari sumber bahan alam seperti aktinomisin, bleomisin, dan  daunorubisin yang diisolasi dari jamur dan bakteri. Obat tradisional mungkin digunakan sebagai obat alternatif karena mahalnya atau tidak tersedianya obat modern/sintetis dan adanya kepercayaan bahwa obat tradisional lebih aman.

Selain untuk memelihara kesehatan dan mengobati penyakit ringan, seperti flu. Obat tradisional juga digunakan masyarakat sebagai obat pilihan  untuk mengobati berbagai penyakit. Penyakit yang belum memiliki obat yang memuaskan seperti kanker dan AIDS, serta berbagai penyakit menahun misalnya hipertensi dan diabetes melitus. Salah satu obat tradisional yang marak digunakan saat ini adalah sarang semut dan madu.

 

Dahsyatnya Kandungan Sarang Semut Sebagai Obat Flu

Berdasarkan penelitian sebelumnya, sarang semut dapat mencegah penyakit flu dan juga sebagai obat flu berat alternatif, diduga lantaran senyawa flavonoid yang terkandung di dalamnya. Flavonoid merupakan golongan senyawa bahan alam yang termasuk dalam kelompok senyawa fenolik. Saat ini terdapat lebih dari 6000 senyawa berbeda yang termasuk dalam golongan flavonoid, misalnya flavonol, flavanonol, flavon.

Flavonoid merupakan bagian penting dari diet manusia yang berfungsi sebagai antioksidan, pelindung struktur sel, memiliki hubungan yang sinergis dengan vitamin C. Selain itu juga memiliki potensi aktivitas sebagai anti inflamasi, untuk mengganti sel yang rusak dan peradangan akibat bakteri atau virus pada saluran pernafasan. Dengan adanya kandungan flavonoid dapat membantu sistem pertahanan tubuh Ykni sebagai immunomodulator di dalam tubuh.

Reverensi lain menyebutkan, dari hasil uji penapisan kimia flavonoid merupakan antioksidan alam yang mampu bertindak sebagai pereduksi radikal hidroksil, superoksida dan radikal peroksil. Karena terkait dengan penyakit flu dapat dipngaruhi oleh radikal bebas di udara lingkungan sekitar.Selain itu pada uji antioksidan, sarang semut mengandung 313 ppm tokoferol yang meredam 96% radikal bebas pada konsentrasi 12 ppm. Menurut literature Harborne (1987), secara umum, flavonoid memiliki kemampuan antioksidan yang mampu mentransfer sebuah elektron ke senyawa radikal bebas dan membentuk kompleks dengan logam.

Kedua mekanisme itu membuat flavonoid memiliki beberapa efek,diantaranya menghambat peroksidasi lipid, menekan kerusakan jaringan oleh radikal bebas dan menghambat beberapa enzim. Menurut kajian Erukainure (2011) hubungan antara total fenol dan senyawa flavonoid dengan aktivitas antioksidan pada tumbuhan adalah semakin meningkatnya konsentrasi total fenol atau senyawa flavonoid, maka semakin tinggi pula tingkat aktivitas antioksidan dari tumbuhan tersebut.

Kandungan Madu Sebagai Obat Flu

Madu kaya akan mineral penting (K, Ca, Fe, I, Na, S, Cl, P, Mn, Mg) yang dibutuhkan tubuh agar tetap bugar, asam lemak vitamin B komplek (kecuali B1), D, E dan K serta berbagai macam enzim. Kandungan garam mineral madu serupa dengan kandungan garam mineral dalam darah manusia. Zat besi Fe dapat meningkatkan jumlah Eritrosit darah (Sel darah merah). Eritrosit adalah jenis sel darah yang paling banyak dan berfungsi membawa oksigen ke jaringan-jaringan tubuh lewat darah.

Bagian dalam eritrosit terdiri dari hemoglobin, sebuah biomolekul yang dapat mengikat oksigen. Hemoglobin akan mengambil oksigen dari paru-paru dan insang, dan oksigen akan dilepaskan saat eritrosit melewati pembuluh kapiler. Warna merah sel darah merah sendiri berasal dari warna hemoglobin yang unsur pembuatnya adalah zat besi. Pada manusia, sel darah merah dibuat di sumsum tulang belakang, lalu membentuk kepingan bikonkaf.  Sel darah merah sendiri aktif selama 120 hari sebelum akhirnya dihancurkan. Dengan kandungan madu tersebut, maka asupan nutrisi bagi tubuh kita bisa terpenuhi, sehingga sistem pertahanan tubuh kita semakin kuat karena mineral dalam darah terdistribusi dengan baik.

Dengan pengobatan alami tanpa efek samping, madu dan sarang semut dapat menambah list untuk obat flu di keluarga anda. Apabila Anda ingin membeli obat flu paling ampuh dan mujarab untuk mengobati penyakit flu yang ringan sampai yang berat, segera lakukan pemesanan dengan cara membeli madu asli hutan Kalimantan dan juga sarang semut asli Kalimantan untuk mengatasi penyakit flu Anda. Untuk pemesanannya, silahkan klik tombol dibawah ini.

Obat Flu     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *