Sarang Semut Asli

Posted on Oktober 1, 2015 By

Sarang Semut Asli

sarang semut asli

sarang semut asli

Berbicara mengenai dunia kesehatan, kali ini kita akan membahas mengenai cara membedakan sarang semut asli dan sarang semut palsu. Seiring dengan melejitnya tanaman sarang semut, dimana tanaman ini dipercaya sebagai tanaman obat, maka tak herang banyak orang yang menjual obat lain namun mengatasnamakan obat dari tanaman sarang semut.

Sarang semut asli berasal dari tumbuhan hutan dimana habitatnya mempunyai intensitas cahaya rendah, bersuhu rendah namun dengan kelembaban yang tinggi. Tanaman sarang semut biasanya tumbuh pada hutan pedalaman yang banyak mempunyai pepohonan tinggi. Dia hidup dan bersimbiosis dengan pohon yang mempunyai ketinggian sekitar 10 meter. Meskipun dia hidup pada sebatang pohon, dia tidak seperti benalu yang hidup parasit pada inangnya. Antara sarang semut dengan pohon inangnya terjadi simbiosis yang unik sehingga bisahidup bersama tanpa ada yang merasa dirugikan.

Tanaman ini berasal dari kepulauan Solomon di Pasifik dan dan Kepulauan Besar di Queesland Australia. Namun banyak tumbuh di Asia Tenggara. Seperti vietnam, Thailand, dan Malaysia. Di Indonesia sendiri banyak tumbuh di Kalimantan, Papua, Flores, Jawa, Sumatra dan Kepulauan lainnya.

Mengapa Sarang Semut Asli Langka?

Banyak yang mengatakan bahwa tanaman sarang semut adalah salah satu tanaman yang langka. Salah satu sebabnya adalah, dia tidak bisa hidup di sembarang pohon. Habitatnya hanya berada pada pohon dengan ketinggian 10 meter, berada pada cahaya yang rendah, suhu yang rendah namun dengan kelembaban yang tinggi. Oleh karena itu, sarang semut banyak tumbuh pada pohon di hutan rimba seperti pada Hutan Meratus di Kalimantan dan pegunungan Jayawijaya di papua.

Meskipun ada juga yang ditemukan di daerah Jawa dan Sumatra, namun banyak yang mengatakan bahwa kualitas sarang semut asal Kalimantan dan Papua jauh lebih baik daripada yang berasal dari Jawa dan Sumatra. Maupun dibeberapa pulau lainnya seperti Flores dan Maluku.

Awalnya, tumbuhan ini hanyalah tumbuhan liar yang banyak hidup di hutan. Tapi, bagi suku Dayak di Kalimantan, tanaman sarang semut adalah salah satu obat tradisional paling manjur yang banyak digunakan oleh para nenek moyang jaman dahulu. Tak hanya pada Suku Dayak di Kalimantan. Di Pedalaman Papua, sudah puluhan tahun lamanya tanaman ini digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk berbagai macam penyakit.

Sekitar 6 tahun terakhir ini, banyak penelitian dari LIPI ataupun IPB yang meneliti tentang kandungan yang ada pada tanaman ini. Dari sekian penemuan, sarang semut memang mempunyai kadar senyawa Flavonoid dan tanin yang mempunyai fungsi untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kadar antioksidan dan multi mineral serta vitamin, kalium dan kalsiumnya juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit kronis seperti kangker, tumor, jantung koroner, ambeien, magh dan lain sebagainya.

Sejak saat itulah terjadi eksploitsi besar-besaran pada tumbuhan ini. Banyak yang memburu dengan berbagai tujuan. Baik digunakan untuk obat maupun untuk mengembangkan bisnis di dunia farmasi. Namun sayangnya, eksploitasi besar-besaran ini tidak disertai dengan penanaman kembali. Alhasil, tanaman sarang semut ini semakin langka. Atau bahkan bisa jadi hanya akan tinggal nama.

Selain faktor eksploitasi, faktor pembabatan hutan untuk membuka lahan baru juga menjadi sebab selanjutnya. Habitat tanaman sarang semut ini kebanyakan di hutan dan pegunungan. Tapi, seiring dengan pembukaan lahan di Kalimantan dengan cara membabat hutan, maka tanaman ini berangsur-angsur punah. Karena pohon sebagai tempat hidupnya ditebang dan dijadikan tempat industri baru.

Bagaimana Cara Membedakan Sarang semut Asli dan Palsu?

Seiring dengan terkenalnya nama sarang semut sebagai tanaman obat, maka banyak orang yang mencari tanaman ini. Hal ini dimanfaatkan oleh sekelompok orang yang menggantungkan hidupnya dari bisnis. Melihat peluang yang sangat terbuka lebar pada tanaman ini, maka banyak pelaku bisnis yang mencoba menjual sarang semut ini dalam berbagai kemasan. Ada yang dikemas dalam bentuk kapsul, dalam bentuk serbuk, atau dalam bentuk teh.

Tidak akan menjadi masalah ketika penjual menjual produk sarang semut ini dalam bentuk produk asli. Yang menjadi masalah adalah ketika menjual produk ini bukan produk sarang semut yang asli. Alias sarang semut palsu.

Seiring dengan maraknya online shop yang menjamur diberbagai media sosial, penjualan sarang semut ini banyak dilakukan dengan mengguanakan media online. Mungkin penjual ada di Kalimantan. Sedangkan pembeli ada di luar Kalimantan. Hanya dengan searching di internet, maka proses jual beli bisa dilakukan. Namun sayangnya, terkadang banyak penjual yang menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Salah satunya dengan menjual produk sarang semut palsu.

Sarang semut yang sering sekali dipalsukan adalah sarang semut yang dijual dalam bentuk kapsul dan serbuk sarang semut. Dengan memanfaatkan ketidaktahuan pembeli, kadang banyak oknum yang mencampur serbuk sarang semut dengan serbuk lain. Misalnya serbuk kayu. Namun kita tak perlu khawatir. Jika kita sebagai pembeli, berikut ini ada cara yang bisa digunakan untuk membedakan anatar serbuk sarang semut yang asli dengan serbuk sarang semut yang palsu. Caranya :

sarang semut asli atau palsu

sarang semut asli atau palsu

  1. Sediakan 2 sendok teh serbuk sarang semut. Kemudian masukkan pada gelas transparan
  2. Kemudian, tuangi dengan air panas yang mendidih.
  3. Tunggu kurang lebih 5-10 menit

 

Jika hasilnya air akan berubah warna menjadi kemerahan, maka sarang semut tersebut adalah sarang semut yang palsu. Namun, jika ternyata hasilnya air masih bening atau sedikit keruh, maka sarang semut tersebut adalah sarang semut yang asli. Dari segi rasapun bisa dibedakan. Sarang semut yang palsu mempunyai rasa yang pahit. Sedangkan sarang semut yang asli, mempunyai rasa yang tawar dan cenderung mempunyai rasa tanah.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Sarang Semut Asli?

Saat kita menjadi orang awam, maka akan sulit sekali untuk bisa mendapatkan produk sarang semut yang asli. Karena banyak oknum yang hanya demi keuntungan tega melakukan apapun. Termasuk memalsukan produk yang kita beli. Jika kita ingin membeli produk sarang semut, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut :

  1. Sebaiknya, kita membeli produk sarang semut dari orang yang kita percaya. Atau minimal kita telah mengenalnya.
  2. Sebaiknya, hindari membeli produk sarang semut yang dikemas dengan kapsul atau serbuk. Lebih baik membeli sarang semut dalam bentuk irisan. Karena resiko menegnai barang palsu lebih kecil.
  3. Tapi, jika memang harus membeli sarang semut dalam bentuk kapsul atau serbuk, sebaiknya perhatikan izin depkesnya.

Akan banyak sekali akibatnya jika kita membeli sarang semut palsu. Alih-alih kita ingin sembuh malah justru sebaliknya. Jangan mudah percaya dengan iklan yang agak sedikit aneh. Sebaiknya teliti betul sebelum membeli. Jangan sampai kita tertipu dengan membeli produk yang palsu. Belilah produk sarang semut asli agar kualitasnya benar-benar bisa kita nikmati.

Apabila Anda ingin membeli sarang semut asli dan dijamin higienis dan berkualitas, silahkan lakukan pemesanan dengan mengklik tombol dibawah ini.

Sarang Semut     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>