Sarang Semut Dan Madu Bisa Jadi Obat Pilek Juga

Posted on Oktober 25, 2015 By

Obat pilek adalah obat yang sering dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat karena pilek atau sering kita kenal dengan flu, merupakan penyakit yang sering mengena masyarakat. Apabila pergantian musim penyakit ini pun pasti datang dan pemerataannya pun bisa dengan cepat dan hampir menyeluruh. Makanya tidak heran apabila banyak orang bilang, “Sekarang memang musim flu”, karena apabila di satu rumah salah satu anggota terkena flu maka anggota keluarga lainnya pun juga ikut terkena. Namun hal tersebut tergantung dengan daya imunitas dari masing-masing tubuh. Sebab pilek atau flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dari kelompok coronaviruses dan  rhinoviruses.

Penyakit akibat virus erat kaitannya dengan daya tahan tubuh setiap manusia. Karena imun merupakan sistem pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh yang sifatnya dapat membahayakan tubuh. Pilek adalah radang yang terjadi pada lapisan hidung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan produksi lendir menjadi lebih banyak. Mereka yang terkena pilek akan mengalami gejalaumum berupa nyeri tenggorokan, bersin-bersin, hidung tersumbat yang kemudian beringus, bahkan batuk – batuk.

Gejala – gejala yang timbul akibat flu biasanya dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat pilek. Seperti penjelasan diatas, pilek atau biasa juga dikenal sebagai nasofaringitis, rinofaringitis, koriza akut, atau selesma, merupakan penyakit menular pada sistem pernapasan, mudah menyebar dan terutama menyerang hidung. Gejalanya meliputi batuk, sakit tenggorokan, hidung meler (rhinorrheal), dan demam. Gejala tersebut biasanya mereda setelah tujuh hingga sepuluh hari.

Namun, beberapa gejala dapat berlangsung hingga tiga minggu. Karena lebih dari dua ratus virus dapat menjadi penyebab pilek. Rhinovirus merupakan penyebab paling umum penyakit tersebut. Infeksi akut pada hidung, sinus, tenggorokan atau laring (infeksi saluran pernapasan bagian atas) dikelompokkan berdasarkan bagian tubuh yang paling banyak terinfeksi. Selesma terutama menyerang hidung, faring tenggorokan, dan sinus. Gejala yang timbul lebih dikarenakan oleh respons sistem kekebalan terhadap infeksi, bukan oleh kerusakan jaringan yang disebabkan oleh virus tersebut. Mencuci tangan adalah tindakan pencegahan infeksi yang paling utama.

Alasan Obat Herbal Untuk Obat Pilek

Konsumsi obat pilek yang terlalu sering dan penggunaan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan timbulnya efek samping. Upaya kesehatan tradisional, alternatif, dan komplementer di Indonesia, telah dikenal sejak dahulu kala dan dilaksanakan jauh sebelum pelayanan kesehatan formal dengan pengobatan modern. Sampai saat ini masyarakat masih mengakui dan memanfaatkan pengobatan tradisional.

Pengetahuan tentang tanaman berkhasiat obat berdasar pada pengalaman dan ketrampilan yang secara turun temurun telah diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Tidak kita sadari bahwa penggunaan obat herbal ini pun juga semakin banyak dimanfaatkan. Hal ini merupakan salah satu faktor pendorong adanya peningkatan penggunaan obat herbal sebagai penunjang meningkatnya usia harapan hidup saat adanya kegagalan penggunaan obat modern untuk penyakit tertentu di antaranya kanker, dan semakin luas akses informasi mengenai obat herbal di seluruh dunia.

Madu Berkhasiat Untuk Obat Pilek

obat pilek

obat pilek

Madu mempunyai berbagai zat dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain itu manfaat madu dapat digunakan sebagai antibiotik alami. Di dalam madu mengandung zat yang disebut demulcents yang berkhasiat dapat menenangkan iritasi pada selaput lendir. Sehingga dapat menghilangkan iritasi pemicu refleks pada batuk. Mengkonsumsi madu selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh juga relatif aman dibandingkan dengan mengkonsumsi obat kimia. Anak –anak yang yang diberi madu dalam dosis kecil sebelum tidur akan berakibat pada kualitas tidur yang baik dan dapat mengurangi frekuensi batuk. Jika keluarga Anda ada yang sakit flu maka bisa menggunakan madu sebagai alternatif aman untuk obat keluarga.

Hasil kajian menunjukkan bahwa setelah meminum madu, tingkat antioksidan pada tubuh mengalami peningkatan. Madu memiliki efek kesehatan yang lain. Menurut penelitian Yun Asuti nugroho, pusat biomedis dan teknologi dasar kesehatan, menjelaskan bahwa beberapa jenis madu mampu membunuh mikroba yang menginfeksi. Kekentalan madu yang membantu melapisi tenggorokan dan kandungan antioksidan yang terkandung dalam madu dapat melegakan tenggorokan juga. Madu dapat meningkatkan aktivitas dan kapasitas fagositosis sel makrofag dan diharapkan dapat bekerja sebagai imunomodulator. Flavonoid yang terkandung daalam madu berpotensi bekerja terhadap limfokin yang dihasilkan oleh sel T sehingga akan merangsang sel-sel fagosit untuk melakukan respon fagositosis.

 

Keunggulan Sarang Semut Untuk Obat Pilek

obat pilek paling ampuh

obat pilek paling ampuh

Khasiat sarang semut mengatasi influensa, diduga lantaran senyawa flavonoid yang terkandung di dalamnya. Flavonoid merupakan golongan senyawa bahan alam yang termasuk dalam kelompok senyawa fenolik. Saat ini terdapat lebih dari 6000 senyawa berbeda yang termasuk dalam golongan flavonoid. Flavonoid merupakan bagian penting dari diet manusia yang berfungsi sebagai antioksidan, pelindung struktur sel, memiliki hubungan yang sinergis dengan vitamin C. Selain itu juga memiliki potensi aktivitas sebagai anti inflamasi, untuk mengganti sel yang rusak dan peradangan akibat bakteri pada saluran pernafasan. Kandungan flavonoid dalam sarang semut mampu sebagai antibakteri dan dapat membantu sistem immunomodulator di dalam tubuh. Fungsi flavonoid sebagai antivirus juga telah diteliti, termasuk pada virus HIV dan herpes.

Reverensi lain menyebutkan, dari hasil uji penapisan kimia flavonoid merupakan antioksidan alam yang mampu bertindak sebagai pereduksi radikal hidroksil, superoksida dan radikal peroksil. Selain itu juga mengandung 313 ppm tokoferol yang meredam 96% radikal bebas pada konsentrasi 12 ppm. Fungsi yang mendukung sebagai zat aktif yang ada pada sarang semut adalah sebagai antibiotik, antimikroba serta imuno stimulan untuk menambah kekebalan tubuh. Secara teknis zat imuno stimulan akan membantu dan melindungi sel-sel tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Penggunaan tanaman ini sebagai sumber antioksidan terkait dengan kandungan komponen bioaktif yaitu fenolik yang meliputi flavonoid dan fenilpropanoid. Menurut Pratt dan Hudson (1992), antioksidan alami banyak terdapat dalam tanaman dan komponen tersebut terkandung pada seluruh bagian tanaman seperti akar, daun, bunga, biji, batang, kulit, ranting, dan buah. Sarang semut (Myrmecodia pendans), bahan alami, yang potensial sebagai sumber senyawa antioksidan dan pengawet alami. Tanaman ini tumbuh secara epifit yaitu menempel di pohon besar, pada batang bagian bawahnya menggelembung berisi rongga-rongga yang disediakan sebagai sarang semut jenis tertentu. Subroto dan Saputro (2006) mengungkapkan bahwa senyawa aktif yang terkandung dalam sarang semut adalah flavonoid, tanin, dan tokoferol yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.

Mulailah dari sekarang dengan hidup lebih sehat dan lebih selektif dalam menangani masalah kesehatan, terlebih memilih obat pilek. Perlu kita ketahui bahwa Rasulullah pun berpesan kepada ummatnya untuk meminum madu setiap pagi. Dan beliau bersabda bahwa setiap penyakit ada obatnya. Jangan memulai dengan yang tidak pasti, untuk kebaikan kesehatan anda mengapa tidak dengan yang alami?? Madu dan sarang semut adalah solusi pilihan terbaik untuk obat pilek Anda di rumah.

Apabila Anda menderita pilek menahun dan tidak sembuh – sembuh, saran saya yang sudah lama berkecimpung di dunia pengobatan tradisional ini, disarankan mengkonsumsi madu asli hutan Kalimantan dan dipadukan dengan sarang semut asli Kalimantan sebagai obat pilek menahun, sudah banyak masyarakat Kalimantan yang mencoba, silahkan giliran Anda. Apabila Anda ingin memesan obat pilek tradisional kami, langsung saja klik tombol dibawah ini untuk melakukan pemesanan.

Obat Pilek     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *