Sarang semut; Obat Tipes yang Manjur dan Alami

Posted on Oktober 26, 2015 By

Obat tipes tidak hanya menggunakan antibiotik yang diberikan oleh dokter saja. Dewasa ini, dengan semakin banyaknya pilihan pengobatan alternatif. Termasuk aplikasi pengobatan alternatif atau herbal sebagai obat tipes.

Salah satu obat tipes yang berasal dari alam atau biasa disebut obat herbal adalah pemakaian sarang semut. Seduhan sarang semut sebagai obat herbal termasuk obat tipes, kini sudah diketahui banyak orang dan dipercaya khasiatnya.

Namun sebelumnya, apakah ada beberapa dari pembaca yang merasa heran dan jijik ketika penulis menyebut sarang semut sebagai obat tipes dengan cara diseduh? Jangan salah, sarang semut di sini bukanlah sarang semut seperti yang dibayangkan. Mari kita uraikan.

 

Apa Itu Sarang Semut dan Hubungannya Sebagai Obat Tipes?

Mungkin banyak dari pembaca yang berpikir bahkan membayangkan bentuk bongkahan bergumpal dan menjijikan di tanah ketika membaca kata sarang semut. Namun jangan khawatir, karena obat tipes kali ini bukan berasal dari benda tersebut.

Sarang semut yang bisa digunakan untuk obat tipes yang dimaksud kali ini adalah memang tempat semut bersarang, namun bukan di tanah, akan tetapi pada batang atau dahan pepohonan, biasanya banyak terdapat di Kalimantan atau Papua. Bentuk sarang semut ini berrongga-rongga sebagaimana sarang lebah atau tawon yang biasa kita temui. Jadi benar-benar bisa dikonsumsi dengan segala manfaatnya sebagaimana kita mengonsumsi madu.

 

Obat Tipes dengan Kandungan Bermanfaat dari Sarang Semut

obat tipes

obat tipes

Obat tipes pada dasarnya, biasanya, adalah antibiotik kloramfeniknol, ampicillin, ciploxacin, dan trimethoprim sulfamethoxazole yang digunakan oleh banyak negara sebagai obat demam tifoid dan perawatannya. Namun siapa sangka kandungan bermanfaat ini ternyata bisa kita dapatkan dari herbal sederhana seperti sarang semut.

Khasiat sarang semut sebagai obat untuk berbagai penyakit termasuk obat tipes tidak hanya dibuktikan berdasarkan pengalaman saja, namun tentu saja sudah terbukti secara medis sehingga saking bermanfaatnya tanaman unik ini sampai dibudidayakan di berbagai daerah, terutama daerah asalnya, yakni Kalimantan dan Papua.

Selain mengandung zat perawat demam tifoid yang bisa digunakan sebagai obat tipes, sarang semut pun ternyata memiliki kandungan flavonoid yang diduga dapat digunakan sebagai obat tumor dan kanker. Nah, jika untuk penyakit semacam kanker saja sarang semut sudah disarankan, apa lagi untuk obat tipes, sarang semut termsuk obat yang manjur dan alami.

Cara mengonsumsi sarang semut sebagai obat tipes pun tidak sulit. Sarang semut yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong kecil bisa direbus kemudian diminum airnya atau mengonsumsinya sebagaimana kita mengonsumsi teh dalam kegiatan sehari-hari. Pertama kali mungkin akan merasa asing dengan sarang semut sebagai obat tipes ini, namun untuk kali ke dua dan seterusnya, niscaya kita akan merasakan khasiatnya. Minum rebusan sarang semut atau yang sudah dijadikan teh sebanyak dua sampai tiga kali sehari secara rutin dan rasakan khasiatnya sebagai obat tipes yang manjur dan alami.

 

Madu, Dipercaya Sejak Lama Sebagai Obat Tipes

obat tipes yang ampuh

obat tipes yang ampuh

 Selain menggunakan sarang semut sebagai teh untuk obat tipes, sebagaimana disebutkan di atas, madu pun telah lama memiliki peranan penting dan kedudukan tersendiri dalam dunia obat herbal. Bahkan, madu yang merupakan salah satu makanan favorit Nabi ini khasiatnya sampai dituliskan pada kitab suci melalui keterangan manfaat dari hewan lebah.

Menggunakan madu sebagai obat tipes pun tidak sulit namun khasiatnya sudah terbukti sejak lama. Bahan alami yang banyak disukai orang karena rasanya yang manis ini memang mengandung banyak sekali zat-zat bermanfaat baik untuk memelihara kesegaran tubuh hingga sebagai herbal alami pada masa pengobatan. Lantas bagaimana penggunaan madu sebagai salah satu obat tipes? Mari kita uraikan mulai dari serangan awal tipes hingga khasiat madu sebagai obat tipes.

 

Serangan Tipes dan Madu Sebagai Obat Tipes    

Bakteri Salmonella Typhi yang disebarkan melalui serangga adalah penyebab utama penyakit tipes. Bakteri Salmonella Typhi ini jika sudah tersebar, target penyerangannya adalah bagian usus. Sebagaimana diketahui, berbagai sumber penyakit asalnya adalah dari sistem pencernaan, termasuk usus, tentu saja. Maka di sini, ketika bakteri Salmonella Typhi menyerang, salah satu akibatnya adalah sebuah penyakit yang disebut tipes. Oleh karenanya, banyak gejala penyakit tipes yang menunjukkan hubungan dengan sistem pencernaan, seperti mual hingga muntah.

            Dikarenakan gejala penyakit tipes yang seringkali mirip dengan gejala penyakit demam berdarah, maka obat tipes seringkali langsung merujuk pada dokter. Tidak ada  salahnya, memang, tindakan cepat tentu perlu dilakukan. Namun ketika seseorang terserang penyakit tipes untuk ke sekian kalinya—biasanya yang sudah terserang penyakit tipes daya tahan tubuhnya melemah dan memungkinkan akan terserang kembali—obat-obatan kimia tentu menjadi tidak baik untuk kesehatan usus. Tujuannya menjadi obat tipes namun malah merusak usus dengan efek sampingnya kan bukan menjadi kabar baik.

            Maka madu, di sini menjadi salah satu jalan keluar terbaik dalam menhadapinya. Madu akan menjadi alternatif obat tipes yang tanpa mengakibatkan efek samping. Berikut kelebihan-kelebihan yang terkandung dalam madu sebagai obat tipes:

 

  1. Madu memiliki zat antibiotik dan anti bakteri yang berfungsi melawan bakteri pathogen
  2. Madu kaya akan anti oksidan seperti vitamin C dan flavonoid (zat anti kanker)
  3. Madu mampu mengurangi daya tahan hidup bakteri karena mengandung tingkat keasaman yang tinggi
  4. Madu mampu mempercepat penyembuhan luka pada usus dengan menyerap cairan berlebih dengan cepat karena sifat higroskipik nya sehingga akan sangat bermanfaat bagi penderita gangguan pencernaan, usus, termasuk sangat tepat sebagai obat tipes.

 

Setelah mengetahui kandungan dan manfaat madu sebagai obat tipes yang ampuh, selanjutnya kita akan membahas cara mengonsumsinya sebagai obat tipes. Mengonsumsi madu untuk pengobatan apa pun cenderung sama sebenarnya, selalu diberi pilihan apakah mau dikonsumsi langsung atau dilarutkan dengan air.

Namun yang perlu diketahui adalah segala sesuatu apa pun yang kita konsumsi itu akan lebih mudah diserap oleh tubuh jika diiringi air. Oleh karena itu, untuk pengobatan menggunakan madu pun termasuk untuk obat tipes, dianjurkan dilarutkan dengan air guna mempercepat penyerapannya pada tubuh kita yang tentu saja secara otomatis akan mempercepat reaksi positifnya dalam menghadapi bakteri dan menjadi obat tipes.

Ketika mengonsumsinya sebaiknya menggunakan air hangat, bukan panas, karena air panas pun tidak terlalu baik untuk kesehatan usus. Caranya, siapkan satu cangkir kecil air hangat kemudian ambil secukupnya madu yang akan kita gunakan kemudian campurkan dan aduk rata. Minum selagi hangat dua sampai tiga kali sehari, setiap hari selama kita menggunakannya sebagai obat tipes.

Apabila Anda ingin memesan obat tipes asli herbal dari pedalaman hutan Kalimantan yang sudah teruji dan terbukti di masyarakat mampu menyembuhkan penyakit tipes dan sudah diakui para dokter penyakit dalam. Silahkan klik tombol dibawah ini untuk melakukan pemesanan.

Uncategorized     , , , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *